/
/
2024, Jakarta Tidak Lagi Menjadi Ibu Kota Negara Indonesia

2024, Jakarta Tidak Lagi Menjadi Ibu Kota Negara Indonesia

2024, Jakarta Tidak Lagi Menjadi Ibu Kota Negara Indonesia
Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tahun 2024 Ibu Kota Negara atau IKN akan mulai pindah ke Nusantara yang berada di Kalimantan Timur. Hal ini menjadikan kota Jakarta tidak lagi menyandang predikat Ibu Kota Negara Indonesia.

Mega proyek pemindahan IKN tersebut merupakan salah satu pemerataan pembangunan dan juga sekaligus mengurangi kepadatan yang sudah terlampau besar di Jakarta.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono, menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) pada semester I-2024. Keppres tersebut mengenai pengesahan pemindahan Ibu Kota Negara Jakarta ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

BACA JUGA: Ganja “Sang Flamboyan” dari Mulai jadi Alat Transaksi hingga Keperluan Medis dan Rekreasi

“Kami akan selalu emban hingga 2024, manakala Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keppres di 2024. Dimana ibu kota (Jakarta) akan pindah ke IKN Nusantara di tahun tersebut,” ujar Bambang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI, Senin (6/2/2023).

Bambang menegaskan pihaknya sudah mempersiapkan IKN, supaya pada tahun 2024 mendatang ibu kota negara baru siap dan layak huni, meskipun Keppres mengenai kepindahan ibu kota negara masih cukup lama.

BACA JUGA: Angka Pernikahan Usia Dini di Sulawesi Tengah Tinggi, Picu Jumlah Stunting Bertambah

“Untuk persiapan harus kami lakukan sedini mungkin, Meskipun tanggalnya nanti di 2024. Persiapan ini seperti, pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan POLRI, hal ini dilakukan dalam beberapa tahapan. Bahkan, penyelenggaraan Pemerintah harus kami pikirkan dari sekarang,” tegas Bambang.

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan layanan publik fasilitas umum lainnya harus siap beroperasi pada 2024. Maka dsripada itu, Banda Otorita harus mempersiapkannya mulai tahun ini 2023.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada pihak terkait untuk pelaksanaan pemindahan ibu kota ini sudah harus segera dikebut. Pasalnya, untuk pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 bisa berlangsung di Ibu Kota Negara Nusantara.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur