/
/
5 Film Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi Versi IMDb

5 Film Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi Versi IMDb

5 Film Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi Versi IMDb
Film The Godfather (1972). Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

IMDb (Internet Movie Database) merupakan salah satu website bagi penggemar film untuk memberikan rating dengan basis data dan rating mengenai informasi semua tentang film, televisi, dan permainan video.

Termasuk, semua yang terlibat dalam produksi sebuah film seperti aktor/aktris, sutradara, produser, serta ringkasan alur cerita. Film yang sudah ditonton dan mendapatkan penilain, akan berada di urutan tangga film. Semakin bagus sebuah film dalam segi cerita maupun produksi, akan mendapat ulasan sangat baik dari penikmat film, dan tentu saja menduduki puncak rating di salah satu website informasi film seperti di IMDb ini. 

Rating atau memberikan nilai dalam sebuah film sangat penting, karena ini menjadi salah satu tolak ukur dalam menentukan apakah film itu laku atau gagal total di pasaran. Mayoritas para penikmat film pun, pasti melihat rating film yang akan ditonton terlebih dahulu serta ulasan apakah menarik secara visual maupun alur ceritanya. Alur cerita dalam sebuah film biasanya akan selalu menarik diceritakan atau didiskusikan dengan teman atau sahabat.

Jadi apa saja film yang memiliki rating tertinggi dari situs IMDb? Berikut 5 film yang mendapatkan rating hampir sempurna dari para penikmat film. 

BACA JUGA: 9 Film ini Dilarang Tayang di Indonesia, Banyak Menuai Kontroversi

1. The Shawshank Redemption (1994) 9,2

The Shawshank Redemption (1994)
Film The Shawshank Redemption (1994). Credit: Istimewa

Film berdurasi 142 menit ini, sangatlah memukau dalam penyajian alur cerita, tidak heran The Shawshank Redemption selalu bertengger di peringkat 1 versi IMDb dengan rating 9,2. Dirilis pada tahun 1994 di Amerika Serikat dan disutradarai oleh Frank Darabont, film drama ini diadaptasi dari sebuah novel karya dari Stephen King yang berjudul “Rita Hayworth and Shawshank Redemption” yang diterbitkan di tahun 1982.

 Secara singkat The Shawshank Redemption berkisah tentang seorang bankir bernama Andy Dufresne (Tim Robbins), yang menjadi terdakwa atas kasus pembunuhan istri dan selingkuhannya. Andy bersikeras bahwa bukan dia yang melakukan pembunuhan tersebut, namun hakim menjatuhkan hukuman seumur hidup. Di Shawshank State Penitentiary, Andy bertemu dan berteman dengan Ellis “Red” Redding seorang tahanan yang dipenjara seumur hidup dengan kasus penyelundupan barang.

 Selama dalam tahanan Andy mendapatkan banyak masalah, mulai jadi sasaran seksual dari sebuah geng berkelainan sex yakni The Sister dan melakukan pencucian uang atas perintah kepala penjara Samuel Norton. Namun, ia memiliki harapan dan bercerita kepada Red, untuk keluar dan tinggal di Zihuatanejo, Mexico. Rencana dalam melarikan diri pun dimulai.

2. The Godfather (1972) 9,2

The Godfather (1972)
Film The Godfather (1972). Credit: Istimewa

Film yang dirilis pada tahun 1972 bergenre kriminal ini, terinspirasi dari sebuah novel karya Mario Puzo dengan judul sama yakni “The Godfather”. Dalam perkembangan di dunia layar lebar, film yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola asal Amerika berdarah Italia, sangatlah berpengaruh dalam kemajuan film bergenre kriminal gangster. 

The Godfather sendiri berkisah tentang keluarga mafia bermarga Corleone, dan tokoh pemimpin dari keluarga ini yaitu Don Vito Corleone, sangat penting dalam menjalankan kejahatan yang terorganisir di Amerika Serikat. Ditengah-tengah dalam menjalankan bisnisnya, Don Vito tertembak oleh salah satu kliennya karena menolak kerjasama. Akhirnya Don Vito mengangkat Sonny anak pertamanya sebagai pemimpin untuk meneruskan bisnis keluarga. kurangnya pengalaman bisnis itu diambang kehancuran pada akhirnya Michael Corleone yang meneruskan bisnis tersebut setelah Don Vito meninggal hingga dijuluki The Godfather. 

BACA JUGA: Ganja “Sang Flamboyan” dari Mulai jadi Alat Transaksi hingga Keperluan Medis dan Rekreasi

Film legendaris dengan segudang prestasi serta penghargaan ini bertengger di posisi 2 dengan rating 9,2 di situs IMDb. Tidak hanya itu, film ini meraih film terbaik dalam penghargaan Oscar pada 1972.

3. The Dark Knight (2008) 9,0

The Dark Knight (2008)
Film The Dark Knight (2008). Credit: Istimewa

Bertengger di posisi tiga tangga film terbaik sepanjang masa versi IMDb, The Dark Knight mendapatkan rating dengan skor 9,0. Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan dan diproduksi Warner Bros ini merupakan sekuel dari film Batman Begins yang rilis tahun 2008.

The Dark Knight menceritakan bahwa superhero Batman bersama aliansinya, seperti Harvey Dent dan polisi James Gordon, ingin menyingkirkan kelompok dan organisasi kriminal dari kota Gotham. Namun seorang pria dengan dandanan seperti badut bernama Joker, menjadi biang keladi kehancuran kota Gotham. Salah satu rencana Joker bersama para kelompok kriminal lainnya adalah supaya Batman menyerahkan diri dan membuka topengnya kepada publik. Jika rencana ini tidak direalisasikan maka di Kota Gotham akan ada pembunuhan yang terjadi setiap harinya. 

4. The Godfather Part II (1974) 9,0

The Godfather Part II (1974),
FIlm The Godfather Part II (1974). Credit: Istimewa

The Godfather Part II ternyata masih kuat bertengger dalam lima besar rating tertinggi versi IMDb dengan skor 9,0. Rilis dua tahun setelah sekuel yang pertama, The Godfather Part II dianggap beberapa kritikus film lebih unggul dan menarik dari sisi alur cerita dibandingkan The Godfather pertama. 

Masih disutradarai oleh Francis Ford Coppola, The Godfather Part II menceritakan kesuksesan tangan dingin Don Michael Corleone dalam meraih kembali kejayaan keluarga Corleone. Warisan bisnis yang dijalankan dari ayahnya tersebut, membesar dan meluas hingga ke Las Vegas, Hollywood dan Kuba. Kesuksesan yang diraih Michael, banyak pihak yang tidak suka dan berusaha menghancurkannya. Namun Michella cerdik dalam menyiasati pihak yang tidak suka dengannya, ia malah mempersiapkan bisnis legal dan meninggalkan bisnis ilegalnya.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Terfavorit di Sukabumi, yang Wajib Dikunjungi

5. 12 Angry Men (1957) 9,0

12 Angry Men (1957)
Film 12 Angry Men (1957). Credit: Istimewa

Dengan rating yang sama dari 2 film sebelumnya yakni 9,0 film drama Amerika serikat ini, berada di posisi lima versi IMDb. Mungkin ada beberapa penilaian dan ulasan dari penikmat film yang menempatkan 12 Angry Men berada di posisi tersebut. Film ini sebelumnya bernama “teleplay” yang diadaptasi dari serial televisi dengan judul yang sama. Di tahun 1957 akhirnya cerita tersebut diproduksi ulang menjadi sebuah film yang disutradarai Sidney Lumet dengan judul 12 Angry Men.

12 Angry Men mengisahkan tentang perdebatan dalam persidangan yang terdiri dari 12 juri, untuk mempertimbangkan hukuman ataupun pembebasan bagi terdakwa yang masih berusia 18 tahun asal Amerika latin. Kasus atau tuduhan pada anak 18 tahun itu adalah pembunuhan yang dilakukannya kepada ayahnya sendiri dengan cara ditusuk. 

Kesepakatan pun terjadi bahwa anak tersebut bersalah namun, satu juri memberikan pendapat bahwa anak tersebut tidak bersalah. Perdebatan pun dimulai diantara 12 juri ini, hingga akhirnya memanas dan menghasilkan keputusan dan sudut pandang yang diambil oleh para juri pun tidak secara objektif. Dan juga tidak berdasarkan bukti dan fakta melainkan dengan, sudut pandang kepribadian yang mendominasi dalam keputusan.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur