/
/
5 Istilah Teknologi yang Akan Tren di 2023

5 Istilah Teknologi yang Akan Tren di 2023

5 Istilah Teknologi yang Akan Tren di 2023
Ilustrasi penggunaan XR teknologi. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tren teknologi pada setiap tahunnya akan terus berganti. Memasuki tahun 2023, teknologi akan terus berkembang pesat dan selalu menghadirkan banyak inovasi. Tentunya tren teknologi terbaru akan mengubah cara hidup manusia sehari-hari.

Banyak hal positif dari adanya perkembangan teknologi, yang terpenting adalah membuat aktivitas manusia semakin dipermudah. Kemunculan teknologi terbaru ini, sering menghadirkan kosakata maupun istilah baru juga untuk mewakilkan panggilan dari alat canggih tersebut.

Apa saja istilah dari hadirnya teknologi terbaru yang akan tren di tahun 2023. Berikut ini 5 istilah teknologi yang akan tren dan akan terus mempengaruhi kehidupan kita di masa depan.

1. Extended Reality

xr
Ilustrasi teknologi Extended Reality. Credit: Istimewa

Extended Reality atau bisa disebut XR adalah sebuah ekosistem teknologi imersif yang menggabungkan beberapa jenis teknologi yang dapat digunakan oleh manusia. Istilah ini sebenarnya bukanlah hal baru, karena perusahaan seperti Meta sudah memperkenalkan XR melalui metaverse yang mereka suarakan belum lama ini.

BACA JUGA: Teknologi, Alat Bantu yang Mengikat Manusia dalam Kebutuhan Sehari-hari

XR merupakan istilah umum yang tidak begitu sulit untuk dipahami. Teknologi ini merupakan campuran antara virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan teknologi realitas lainnya.

VR itu sendiri biasanya digunakan untuk dunia pelatihan, edukasi, dan hiburan seperti Meta Quest 2 yang dijual secara publik. Penggunanya bisa bermain di dunia asli dengan dipenuhi objek virtual. 

Kemudian terdapat AR, teknologi yang mampu menempatkan objek virtual secara digital ke dunia asli. Contohnya filter yang kita temukan di beberapa sosial media seperti Instagram. Ketika kedua VR dan AR ini digabungkan, terciptalah realitas campuran yang disebut XR.

Perusahaan besar berbasis teknologi seperti Meta dan Apple, terus mengembangkan lebih jauh teknologi XR dan akan memperluas jangkauan XR.

2. Avatar

avatar
Ilustrasi teknologi avatar. Credit: Istimewa

Avatar disini bukanlah bangsa Na’Vi kaum planet Pandora yang terdapat pada film dengan judul yang sama. Avatar yang dimaksud ialah representasi diri dari pengguna dalam bentuk digital, biasanya digunakan didalam sebuah video game atau dunia virtual. 

BACA JUGA: Penemuan Bola Misterius di Jepang Diduga Berasal dari Amerika Serikat

Istilah avatar ini sudah ada beberapa tahun belakangan ini, namun penggunaan kosakata avatar akan sering muncul di tahun 2023. Khususnya di dunia video game dan di sosial media.

3. Stable Diffusion

Ilustrasi teknologi Stable Diffusion. Credit: Istimewa

Stable Diffusion jika diartikan dalam bahasa Indonesia ialah Difusi Stabil. Pengertian sederhana dari istilah yang heboh di tahun 2022 ini merupakan sebuah generator AI berjenis text-to-image.

Sedikit berbeda dari DALL-E yang menggunakan cloud (jaringan permusuhan generatif) dan teknik regresi otomatis. Stable diffusion bisa diproses dan bekerja langsung oleh GPU di komputer penggunanya.

Barisan kode atau text yang digunakan untuk membuat gambar, dalam stable diffusion bisa open-source sehingga bagi siapapun bisa mengotak-ngatik sesuai keinginannya.

4. Artificial Intelligence

Ilustrasi teknologi Artificial Intelligence. Credit: Istimewa

AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan, mungkin sudah menjadi istilah umum di dunia teknologi. Karena AI ini sudah diperkenalkan sejak puluhan tahun lalu. 

Istilah AI di tahun 2023 akan semakin banyak diaplikasikan di berbagai macam aktivitas dalam membantu manusia. Salah satunya penggunaan aplikasi mobile yang memanfaatkan AI untuk kepentingan penggunanya. 

Co-founder dan CEO Addo, Ayesha Khanna, mengungkapkan, tren AI akan menjadi anggota tim baru untuk manusia (tidak menggantikan manusia) dalam banyak pekerjaan, serta menyumbangkan ide dan konsep.

5. DLSS

DLSS
Game Red Dead Redemption 2 menggunakan DLSS. Credit: Istimewa

Bagi warga gamer, DLSS mungkin bukan istilah awam yang sering didengar atau dilontarkan. DLSS itu sendiri merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Nvidia untuk kartu grafis PC di kelas atas. Tidak hanya digunakan pada PC desktop, teknologi DLSS akan merambah ke dunia video game salah satunya Nintendo melalui produknya yakni Switch.

Istilah DLSS ini secara sederhana memanfaatkan AI untuk meningkatkan resolusi gambar agar terlihat lebih tinggi. Contohnya jika pengguna bermain game di resolusi 1080p, lalu menggunakan DLSS, maka game yang dimainkan akan menampilkan resolusi lebih tinggi yakni 1440p hingga 4K sekalipun. 

DLSS ini tidak hanya mendorong gambar berubah menjadi berkualitas lebih tinggi, namun membuat game yang dimainkan akan berjalan lebih baik dan smooth pastinya.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur