/
/
5 Tempat Camping di Cidahu Cocok untuk Mengisi Akhir Pekan

5 Tempat Camping di Cidahu Cocok untuk Mengisi Akhir Pekan

5 Tempat Camping di Cidahu Cocok untuk Mengisi Akhir Pekan
Ilustrasi tempat camping. Credit: Shutterstock

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sukabumi memang selalu menjadi tempat terbaik untuk menikmati akhir pekan. Beberapa destinasi wisata bisa ditemukan oleh pengunjung, seperti keindahan pantai dan alamnya, hingga geopark yang sudah diakui oleh UNESCO. Tidak hanya itu, bagi yang ingin menikmati alam Sukabumi, bisa melakukan kegiatan berkemah atau camping.

Kegiatan tersebut ataupun melakukan perjalanan ke beberapa lokasi tempat wisata, bisa memberikan penyegaran diri dan pikiran. Apalagi lokasinya berada di dataran tinggi dan banyak pepohonan yang rindang, bisa menjadi tempat self healing.

Berkemah bersama keluarga maupun dengan teman bisa menjadi pilihan aktivitas untuk mengisi hari libur. Salah satu daerah yang masih berdekatan dengan kawasan Jabodetabek dan mempunyai pemandangan indah di daerah Sukabumi adalah Cidahu. Berikut ini tempat camping untuk mengisi hari libur di Cidahu Sukabumi.

Cidahu Camping Ground
Cidahu Camping Ground. Credit: Istimewa

1. Cidahu Camping Ground

Cidahu Camping Ground merupakan tempat berkemah yang berada di kaki gunung salak, tepatnya Jl. Raya Cidahu, Cidahu, Kec. Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini, tidak perlu khawatir fasilitas yang disediakan disini. Parkiran kendaraan dekat dengan lokasi kemah, pengunjung hanya butuh berjalan 1-2 menit menuju lokasi camping. 

BACA JUGA: 8 Tempat Nongkrong di Sukabumi Utara Cocok Buat Hangout

Berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, pengunjung bisa menemukan berbagai jenis serangga, monyet ekor panjang, burung dan musang berkeliaran kawasan sekitar hutan. Sejumlah curug bisa dikunjungi hingga kawah ratu yang menjadi andalan tempat wisata Cidahu Camping Ground.

Dengan kontur tempat kemah yang rapi dan berundak-undak, membuat kawasan Cidahu Camping Ground terlihat indah dan menjadi primadona. Bagi pengunjung yang tidak membawa logistik tidak perlu khawatir, warung di tempat tersebut 24 jam, lalu toilet dan mushola cukup bersih dan layak pakai.

Batu Tapak Camping Ground. Credit: Istimewa

2. Batu Tapak Camping Ground

Berada pada ketinggian 900 meter diatas permukaan laut, Batu Tapak Camping Ground ini berlokasi di Cidahu kabupaten Sukabumi. Dengan lanskap alam yang berundak dan berbukit, camping ground ini memiliki pemandangan gunung Gede Pangrango. Tidak hanya itu, panorama hutan pegunungan pun disajikan di tempat kemah yang memiliki luas 2.5 hektar.

Batu Tapak Camping Ground masih berdekatan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Bagi pengunjung yang datang kesini tidak perlu ribet membawa tenda dan perlengkapan lainnya. Ditempat ini sudah disiapkan tenda, perlengkapan dan kebutuhan yang lainnya. Tidak hanya fasilitasnya yang lengkap, aktivitas wisata alamnya disediakan di tempat ini seperti, Trekking Hutan, Wisata Air Terjun, dan Highropes & Lowropes Games.

Camp Nusantara
Camp Nusantara. Credit: istimewa

3. Camp Nusantara 

Camp Nusantara merupakan tempat kemah yang masih berada di kawasan Cidahu camping ground, dan terletak Jl. Manglid Luhur, Kp.Manglid, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Bagi pengunjung yang datang ke tempat ini akan disuguhi pemandangan yang berkonsep valley & riverside camp. Dimana lokasi kemping ini berada di tepi sungai dengan suasana lembah pegunungan dan landscape yang natural.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Nongkrong Di Selatan Bogor yang Sejuk dan Instagramable

Aliran sungai yang mengalir di bawah lokasi tempat kemah, memberikan kesegaran dan sensasi tersendiri. Area dari camp Nusantara ini cukup private dan tentu saja jauh dari keramaian, serta menjadi salah satu pilihan terbaik bagi warga Jabodetabek untuk mengisi liburan dengan konsep menyatu dengan alam. Tidak hanya menginap di dalam tenda saja, camp Nusantara menawarkan villa untuk beristirah, dan juga gazebo kayu untuk bersantai.

Javana Spa Camping
Javana Spa Camping. Credit: Isitmewa

4. Javana Spa Camping

Javana Spa Camping bisa disebut satu satunya lokasi perkemahan eksklusif yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dengan ketinggian 1200 Mdpl (meter diatas permukaan laut). Berlokasi di Cangkuang, Kec. Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Tempat kemah ini, banyak memiliki kelebihan panorama alam dibandingkan dengan lokasi perkemahan lainnya yang berada di kawasan TNGHS.

Fasilitas yang ditawarkannya pun beda dengan tempat lain, dimana Javana Spa Camping ini dilengkapi dengan kamar mandi yang nyaman dengan water heater. Berkemah di tempat ini pengunjung kan dimanjakan oleh layanan standar hotel. Karena Javana Spa Camping merupakan bagian dari Javana Spa Resort And Wellness, yakni resort spa terbesar di Indonesia. Alam yang terdapat tempat kemah ini dikelilingi oleh tujuh air terjun dan dua buah danau indah.

patiwel
Patiwel Nature Riverside. Credit: Isitmewa

5. Patiwel Nature Riverside

Patiwel Nature Riverside merupakan tempat berkemah terbaru di Cicurug, yang menyajikan keindahan alam dengan panorama persawahan dan alam pegunungan yang asri. Tidak hanya itu, pengunjung yang datang pun akan disambut oleh gemerciknya aliran sungai Cileuleuy yang jernih dan memanjakan.

Tempat kemah ini, berada di Kampung Gintung, Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Patiwel Nature Riverside menawarkan edukasi seputar alam, apalagi bagi keluarga muda bisa mengajak sang anak untuk mengikuti aktivitas yang beredukasi. Terbilang masih baru, namun fasilitas yang disajikan tidak kalah dengan tempat camping lainnya.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur