/
/
5 Tempat Wisata Terfavorit di Sukabumi, yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata Terfavorit di Sukabumi, yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata Terfavorit di Sukabumi, yang Wajib Dikunjungi
Danau Situ Gunung, Sukabumi. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Dikenal sebagai daerah yang memiliki kekayaan alam yang sangat indah, dan jarak yang begitu dekat dengan Ibukota Jakarta. Sukabumi menjadi salah satu tujuan para wisatawan domestik maupun mancanegara di Jawa Barat, selain Bandung. 

Tentu saja hari libur maupun akhir pekan, menjadi waktu yang tepat bagi wisatawan untuk mendatangi berbagai wisata alam dengan pemandangan yang indah di Sukabumi. Apalagi Sukabumi, sempat dijadikan latar pengambilan gambar dari berbagai film terkenal karena kecantikannya.

Berikut ini beberapa destinasi wisata di Sukabumi yang menjadi favorit wisatawan dan wajib didatangi.

1. Situ Gunung

situ gunung
Situ Gunung Suspension Bridge. Credit: Istimewa

BACA JUGA: Teknologi, Alat Bantu yang Mengikat Manusia dalam Kebutuhan Sehari-hari

Terletak di kaki Gunung Pangrango, Situ Gunung merupakan tempat wisata di Sukabumi, yang menyimpan berjuta pesona dan keindahan. Objek wisata yang populer di tempat ini adalah Situ Gunung Suspension Bridge, yakni jembatan gantung di tengah hutan terpanjang di Asia Tenggara.

Tidak hanya itu yang ada di Situgunung, wisatawan bisa berkunjung ke danau Situ Gunung, Curug atau air terjun Sawer dan berkemping. Fasilitas disediakan di tempat wisata ini lengkap, agar para wisatawan tetap merasa aman dan nyaman. Tidak heran jika Situ Gunung ramai dikunjungi baik hari-hari biasa maupun hari libur, karena banyak keseruan dan daya tarik yang dimiliki Situ Gunung.

2. Ujung Genteng

ujung genteng
Pantai di Ujung Genteng Credit: Istimewa

Sukabumi yang terletak berada di bagian selatan Jawa Barat, tentu saja banyak memiliki tempat wisata pantai. Ujung genteng salah satu pantai yang menjadi favorit para wisatawan lokal maupun interlokal. 

Pantai di Ujung Genteng sebagian tidak memiliki ombak yang begitu besar, jadi aman untuk berenang maupun hanya sekedar berendam. Air laut yang ada di Ujung Genteng sangat bersih dan jernih, tidak hanya itu pengunjung pun bisa menikmati sunset dan sunrise begitu indah.

Satu lagi wisata yang berada di Ujung Genteng, yakni Bukit Teletubbies. Tempat ini wajib dikunjungi karena hamparan padang rumput nan hijau yang sangat luas, menampilkan keasrian dan juga pemandangan yang sangat indah.

3. Geopark Ciletuh

geopark ciletuh
Puncak darma Geopark Ciletuh. Credit: Istimewa

Wisata mancanegara Geopark Ciletuh yang berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat ini, merupakan salah satu UNESCO Global Geopark. Kawasan dengan seluas 128 hektar, banyak menyimpan sejumlah tempat wisata alam yang menarik. Mulai dari pantai, curug atau air terjun hingga bukit-bukit dengan panoramanya yang sangat eksotis.

BACA JUGA: Erick Thohir Resmi Terpilih jadi Ketua Umum PSSI, Bagaimana Posisinya di BUMN 

Puncak darma adalah salah satu kawasan yang terkenal yang berada di Geopark Ciletuh. Puncak tertinggi yang masih dalam kawasan pusat konservasi Internasional Unesco ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah geopark dari ketinggian. Para wisatawan pun bisa mendatangi Curug Puncak Manik, yang masih dalam kawasan Geopark Ciletuh. Tempat ini memiliki jalur cukup menantang, pasalnya harus menuruni seribu anak tangga untuk sampai ke lokasi.

4.

kawah ratu gunung salak
Kawah Ratu Gunung Salak. Credit: Istimewa

Kawah Ratu, dari namanya sudah jelas bahwa tempat wisata di Sukabumi tersebut, berhubungan dengan vulkanis, karena mengeluarkan uap panas. Mungkin kebanyakan orang kurang cocok dengan tempat wisata ini untuk dijadikan destinasi wisata keluarga, apalagi bagi anak-anak karena cukup berisiko. Namun, keindahan Kawah Ratu yang terletak di lereng Gunung Salak ini, tidak disia-siakan oleh wisatawan khususnya bagi para pecinta alam yang senang mendaki gunung.

Bagi wisatawan untuk bisa menikmati keindahan kawah tersebut, harus menempuh perjalanan kurang lebih selama 3 jam. Dimana pengunjung harus melewati jalan setapak yang terjal dan berliku, agar bisa menikmati kecantikan Kawah Ratu.

5. Taman Selabintana

taman selabintana
Taman Selabintana. Credit: Istimewa

Bagi yang tidak mau jauh-jauh dari pusat Kota Sukabumi, namun haus akan healing bisa mengunjungi Taman Rekreasi Selabintana. Objek wisata yang disuguhkan pun tidak kalah menarik dengan yang lainnya. Disini pengunjung bisa bersantai sambil rebahan dengan menikmati hamparan rumput hijau yang luas nan indah dan juga menyejukkan.

Terletak dibagian utara Kota Sukabumi, tempat wisata ini menjadi favorit banyak keluarga maupun pasangan muda-mudi untuk mengisi liburan akhir pekan bahkan ketika libur panjang.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur