/
/
Amdal Lalin Semrawut, Kemacetan Cidahu Disebabkan Aktivitas Pabrik

Amdal Lalin Semrawut, Kemacetan Cidahu Disebabkan Aktivitas Pabrik

Aktivitas salah satu pabrik di Kecamatan Cidahu yang menyababkan kemacetan. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kemacetan bukan lagi pemandangan asing bagi masyarakat Kecamatan Cidahu dan sekitarnya. Warga hampir setiap hari harus menerjang antrian kendaraan yang tersendat akibat aktivitas pabrik yang terletak di Desa Pondokaso Tonggoh, Kecamatan Cidahu.

Terdapat dua waktu yang harus diperhatikan masyarakat agar terhindar dari kemacetan, jam masuk kerja yakni 07.00 WIB dan jam pulang kerja pukul 16.00 WIB. Pasalanya, ketika jam tersebut kendaraan bisa mengular hampir 2 kilometer masing-masing arah. 

Pemicu kemacetan ini disebabkan ruas jalan Cidahu yang sempit ditambah kendaraan angkutan parkir di bahu jalan yang agak ke tengah dan menaikan penumpang di tengah jalan. Selain itu, keluarnya para karyawan pabrik yang jumlahnya mencapai belasan ribu membuat kemacetan semakin parah. 

BACA JUGA: Perppu Cipta Kerja: Libur 1 Hari dalam Sepekan untuk Pekerja

Kepala Seksi Angkutan Umum Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, Lukman mengatakan akan mengkaji terlebih dulu seberapa crowded kemacetan yang terjadi di jalan tersebut yang disebabkan oleh angkutan.  

“Untuk angkutan yang suka ngetem saya belum bisa menanggapi karena belum melihat dengan jelas visualnya,” terangnya saat dihubungi segimedia.id, Selasa (03/1/2023). 

BACA JUGA: Perantau Asal Jawa Timur Ditemukan Meninggal di Cicurug

Sementara itu, Camat Cidahu Jenal Abidin meminta masalah ini dapat segera dipecahkan. Ia menyarankan salah satunya dengan cara bersinergi dengan unsur terkait. 

“Sinergi antara Perusahaan (Sekuriti), Unsur Dishub, Unsur Polsek, Unsur Pol PP, Unsur Koramil untuk bersama sama melaksanakan pembinaan kepada semua unsur pengguna jalan.” ujarnya. 

Adapun semenjak berita ini ditayangkan, segimedia.id berusaha menghubungi pimpinan pbarik yang terletak di Desa Pondokkaso Tonggoh, Kecamatan Cidahu.

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur