/
/
Anak Sering Tawuran, 3 Cara ini Perlu Orang Tua Tahu

Anak Sering Tawuran, 3 Cara ini Perlu Orang Tua Tahu

tawuran
Ilustrasi tawuran.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Setelah kembalinya para pelajar ke sekolah pasca diliburkan atau belajar di rumah selama hampir dua tahun akibat COVID-19, tindak kriminal tawuran kembali mencuat. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun hampir di setiap daerah di Indonesia tawuran pelajar terus terjadi. 

Cukup sulit untuk mengetahui bahwa anak akan mengikuti tawuran dengan teman-temannya. Namun ada beberapa cara yang bisa ditiru untuk mencegahkan anak ikut dalam tindak kejahatan itu. 

1. Izin menginap di rumah teman

Para orang tua harus sangat cermat dan hati-hati ketika anak meminta izin untuk kerja kelompok atau menginap di rumah teman. 

Alasan itu sering sekali digunakan pelajar untuk menghindari kecurigaan orang tua. Biasanya mereka meyakinkannya dengan membawa temannya ke rumah. 

Untuk mencegahnya orang tua bisa menanyakan kepada anak tugas apa yang harus dikerjakan, orang tua juga harus tau dimana rumah temannya itu. Bahkan lebih baik hubungi langsung orang tua temannya itu agar bisa memastikan keberadaannya nanti. 

BACA JUGA: Kepala Desa Purwasari dan Caringin Meninggal Dunia, Pilkades Dibayangi Moratorium Kabupaten Sukabumi 2023

2. Sering cek handphone anak

Dalam berita tawuran yang diungkap oleh polisi, tawuran itu terjadi didominasi setelah mereka merencanakannya di media sosial.

Orang tua harus cek satu persatu chat room di handphone mereka. Patut dicurigai ketika orang tua melihat grup Whatsapp dengan nama tongkrongannya. 

Selain itu, orang tua juga harus memperhatikan akun Instagram anak. Canggihnya teknologi seperti sekarang ini membuat informasi sangat mudah diakses, anak bisa dengan mudah mengkonsumsi video-video tawuran.

Saat ini terdapat beberapa aplikasi yang bisa memonitor aktivitas pada handphone anak melalui gadget orang tuanya. 

BACA JUGA: TPU Astana Gunung Cicurug Penuh, 1 Liang Lahat Diisi 2 Jenazah

3. Pengaruh teman

Pengaruh buruk teman memang salah satu momok menakutkan yang dirasakan orang tua. Mereka bisa dengan cepat menghasut dan mengarahkan anak untuk mencoba segala hal termasuk tawuran.

Karakteristik anak tersebut tidak bisa memahami bahwa tawuran adalah tindakan yang berbahaya. 

Namun orang tua segan melarang anak bergaul dengan temannya tersebut. Kita sebagai orang tua bisa merasakan ketika anak dijauhi oleh teman-teman karena dilarang oleh orang tuanya akibat salah satu perilaku yang salah. 

Syahrul

Redaktur

Syahrul

Redaktur