/
/
Apa yang Dicontoh Dari Desa Girijaya, Cidahu Setelah Dapatkan Program P2WKSS ?

Apa yang Dicontoh Dari Desa Girijaya, Cidahu Setelah Dapatkan Program P2WKSS ?

Desa Girijaya
Gang menuju lokasi P2WKSS, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Program Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang diterapkan di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi belum bisa dijadikan sebagai desa percontohan. 

Walaupun sudah menelan anggaran besar yang dipergunakan untuk mengusung skema kehidupan yang berkelanjutan demi masyarakat mandiri, masih terbilang jauh dari kata sukses. 

Apalagi program yang lebih mengedepankan peranan perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan juga dalam hal mengubah perilaku masyarakat ini hanya seperti hiasan saja. 

BACA JUGA : Lakukanlah 7 Pola Hidup Sehat ini Agar Hidup Berkualitas

Tidak terlihat masyarakat di sana yang mengadaptasi informasi penyuluhan kepada kehidupan sehari-hari, bahkan plang pemberitahuan bahwa itu lokasi P2WKSS dibiarkan tergeletak. 

Namun di sisi lain terdapat beberapa pembudidaya yang termasuk dalam program tersebut masih bergerak. 

Hal itu karena belum ada rincian program yang jelas serta pondasi yang kuat, sehingga beberapa program P2WKSS Desa Girijaya belum bisa berjalan.

Kepala Desa Girijaya Dindin Saripudin mengiyakan kondisi tersebut. Ia mengaku tidak bisa menjalankan program itu hanya seorang diri, butuh peranan warga yang wilayahnya yang diplot sebagai kawasan P2WKSS.

BACA JUGA : Tanggapan DPMD Kabupaten Sukabumi Soal Masa Jabatan Kepala Desa Sembilan Tahun

“Ya begitulah warga tidak seperti kemauannya, tapi selama ini biasanya suka dirawat oleh Ketua RT, padahal itu menggunakan anggaran besar dan terkendala Covid waktu itu,” ujarnya kepada segimedia.id, beberapa waktu lalu. 

Dindin menerangkan hal ini akan menjadi catatan penting jajarannya dan bersama para tokoh serta staf Desa akan melakukan tindakan terhadap terbengkalainya Program P2WKSS ini.

“Nanti insyaallah akan kami rapatkan dan mencari solusi agar program ini bisa terus berjalan,” tandasnya.

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur