/
/
Baku Tembak Polisi dan KKB di Papua, Sebabkan 1 Warga Sipil Tewas

Baku Tembak Polisi dan KKB di Papua, Sebabkan 1 Warga Sipil Tewas

Baku Tembak Polisi dan KKB di Papua, Sebabkan 1 Warga Sipil Tewas
Baku Tembak antara Polisi dan KKB di Papua. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Baku tembak kembali terjadi antara polisi dengan Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB) di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua.

Dilaporkan dalam peristiwa tersebut satu warga sipil bernama Yeferson Sayuri tewas diberondong peluru, Selasa (13/12/2022).

Kabid Humas Polda Papua Ahmad Musthofa Kamal menerangkan sebelum kejadian baku tembak terjadi, para anggota Polres Yapen awalnya sedang membersihkan palang dan membuka Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera.

Pembukaan jalan itu dilakukan usai masyarakat setempat melaporkan perihal pemalangan jalan dan pengibaran bendera Bintang Kejora di dekat lokasi kejadian. Kamal mengatakan para personelnya tiba di lokasi pemalangan di jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera, sekitar pukul 12.20 WIT.

Awal mula kejadian para anggota Polres Yapen hendak memindahkan 2 batang kayu yang dipasang di tengah jalan, tidak lama kemudian KKB langsung melepaskan tembakan ke arah personel.

BACA JUGA: Pengendara Motor di Cibadak Tewas Terlindas Bus Damri Saat Menyalip

“Pada saat hendak membuka palang (memindahkan batang kayu), KKB yang berada di arah bukit melakukan tembakan ke arah anggota yang berada di TKP. Akhirnya terjadi kontak tembak,” kata Kamal, Rabu (14/12/2022) dilansir CNN.

papua tembak 1
Peristiwa Baku Tembak antara Polisi dan KKB di Papua. Credit: Istimewa

Kamal menerangkan bahwa posisi personel Polres Yapen dalam keadaan yang tidak menguntungkan saat baku tembak. Mereka berada di bawah bukit sementara KKB di tempat yang lebih tinggi.

Melihat situasi tersebut pihak kepolisian lantas bergerak mundur sambil melepaskan tembakan balasan. Tidak hanya menyerang lewat tembakan KKB turut menggunakan bom molotov. Kejadian terjadi kurang lebih selama satu jam 

papua tembak 2
Baku Tembak antara Polisi dan KKB di Papua. Credit: Istimewa

BACA JUGA: ‘Notes’ Fitur Anyar Instagram yang Lagi Tren, Didapuk Untuk Saingi Twitter

Penggunaan bom molotov yang dilancarkan KBB, menyebabkan dua kendaraan polisi yakni satu unit mobil patroli lalu lintas dan satu unit truk milik Polres Yapen terbakar.

“Personel kami tidak berada pada posisi yang menguntungkan karena ditembaki dari arah atas bukit. Sehingga mereka (polisi) mencari posisi yang aman (mundur). KKB pada saat itulah membakar dua unit mobil yang dipakai personel ke TKP,” tambahnya.

Kamal memastikan bahwa pasca peristiwa baku tembak yang terjadi, keamanan di Kepulauan Yapen akan tetap terkendali. Dan untuk korban warga sipil yang tewas, sudah dibawa oleh keluarganya untuk disemayamkan di rumah duka.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur