/
/
Batas Cuitan di Twitter Akan Dimaksimalkan Hingga 1.000 Karakter?

Batas Cuitan di Twitter Akan Dimaksimalkan Hingga 1.000 Karakter?

Batas Cuitan di Twitter Akan Dimaksimalkan Hingga 1 000 Karakter
Ilustarasi menggunakan Twitter. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Jumlah karakter di Twitter yang selama ini di batas 280, selalu menjadi perbincangan hangat para penggunanya.

Namun, belakangan ini muncul kabar terbaru dengan adanya rencana penambahan jumlah maksimal karakter Twitter, dari yang sebelumnya hanya 280 karakter menjadi hingga 1.000 karakter. Hal ini akan membuat para pengguna Twitter bisa lebih bebas dalam berkicau dan berkeluh kesah.

Rencana tersebut berawal dari cuitan seorang pengguna Twitter, yang menyarankan agar platform sosial media berlogo burung biru itu, untuk meningkatkan batas karakter menjadi 1.000. Melihat keluh kesah penggunanya, pemilik dan CEO Twitter Elon Musk langsung menjawab bahwa peningkatan karakter ada dalam daftar kerjanya.

“itu ada dalam daftar yang akan dikerjakan.” Cuit Elon Musk.

BACA JUGA: Ratusan Karyawan Twitter Resign Setelah Tolak Permintaan Lembur dari Elon Musk

Sebagai informasi, pada awalnya Twitter hanya membatasi penggunanya untuk menulis tidak lebih dari 140 karakter dalam satu kali tweet. Karena itulah Twitter sering disebut sebagai layanan microblogging, dan ini sekaligus menjadi pembeda utama bagi Twitter dengan layanan media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram.

Sementara itu pada tahun 2017, platform itu menyetujui permintaan para penggunanya untuk meningkatkan batas jumlah karakter menjadi 280 karakter. Perhitungan tersebut tidak mengurangi jumlah karakter, jika pengguna menyisipkan GIF, polling maupun kutipan alias quote.

karakter twitter
Batas karakter twitter. Credit: Istimewa

Penambahan jumlah karakter Twitter yang menjadi gagasan Elon Musk, dan menjadi Rencana sejak peralihan Twitter pada bulan Oktober 2022 lalu. Salah satu yang menjadi latar belakang Elon Musk mengakuisisi Twitter adalah, untuk mengkampanyekan kebebasan berbicara (free speech) bagi para penggunanya di media sosial tersebut.

BACA JUGA: Youtuber Korea Alami Pelecehan Seksual Saat On Stream di Jalanan India

Ada hal unik, sebelumya Elon Musk juga pernah menanggapi saran dan masukan pengguna Twitter untuk meningkatkan batas karakter menjadi 420. Angka tersebut sering dikaitkan dan dihubungkan dengan budaya menghisap ganja, dan sering dirujuk oleh Musk sendiri.

Sebenarnya masalah batasan jumlah karakter Twitter memang selalu menjadi topik hangat dari tahun ke tahun, bahkan bisa menjadi isu yang memecah belah. Karena Sebagian pengguna ada menginginkan lebih banyak karakter. Sebaliknya, yang menolak beralasan bahwa meningkatkan batasan karakter, akan mengurangi kualitas kiriman dan merubah identitas Twitter yang terkenal karena dengan tulisan singkatnya.

Jadi kalian para pengguna Twitter milih dengan banyak karakter apa dengan batas yang sudah ada aja seperti sekarang?

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur