/
/
Black Card: Minimal Belanja Rp 39 Miliar untuk Mendapatkan Kartu Istimewa Ini

Black Card: Minimal Belanja Rp 39 Miliar untuk Mendapatkan Kartu Istimewa Ini

Black Card Minimal Belanja Rp 39 Miliar untuk Mendapatkan Kartu Istimewa Ini
Black Card, kartu Istimewa yang dimiliki oleh kalangan atas. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pernah dengar tentang Black Card? sesuai dengan namanya kartu berwarna hitam ini merupakan salah satu jenis kartu kredit. Terlepas dari itu, kartu istimewa ini hanya dimiliki oleh nasabah yang berkantong tebal.

Dibuat dengan bahan dari titanium dilengkapi desain yang mewah dan elegan, Black card sendiri tidak dipasarkan kepada nasabah umum dan tidak sembarang orang dapat memiliki kartu ini. Sebab, diperlukan biaya tahunan dan pengeluaran yang sangat tinggi.

Awal mula kartu kredit ini, dirilis pada tahun 1999 oleh American Express Bank (Amex). Dan sejak itu pula Black Card yang sering dikatakan sebagai kartu sultan, banyak digunakan oleh kalangan atas di seluruh dunia dari berbagai profesi, mulai dari pengusaha hingga selebritis. Namun, akhir-akhir ini banyak bank yang mengeluarkan Black Card versi mereka, meskipun tidak dapat menyaingi keeksklusifan dari Black Card Amex.

Kartu hitam itu sendiri bagi pemiliknya dapat menjadi kebanggaan khusus. Dan rupanya, banyak masyarakat penasaran sekaligus ingin memiliki Black Card itu. Bagaimana cara memiliki Black Card tersebut?

BACA JUGA: Siap-siap Upah Minimum 2023 Diumumkan 21 dan 30 November mendatang

Sebenarnya, tidak ada persyaratan resmi untuk memiliki Black Card ini. Sebab di semua bank memiliki kriterianya masing-masing. Seperti di American Express Centurion Bank, beberapa nasabah yang memiliki kartu itu hanya yang mendapatkan undangan khusus pelanggan VIP atau VVIP.

invitation AMEX
Undangan kepada calon pemilik Black Card. Credit: wikipedia

Dikutip dari CNBC, undangan khusus itu akan diberikan kepada calon pemilik Black Card, saat berbelanja dengan minimal transaksi 250.000 dolar AS atau setara dengan Rp 39 miliar. Tidak hanya itu, setelah mempunyai kartu hitam ini mereka harus membayar biaya keanggotaan sejumlah 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 78 juta. Ditambah biaya tahunan sebesar 50 persen dari initiation fee (biaya inisiasi seperti uang kas) agar mendapatkan akses kartu kredit tanpa limit.

Lalu kelebihannya apa?

BACA JUGA: Perekonomian Global 2023 Diprediksi Gelap, Megaproyek IKN Lanjut atau Tunda?

Kartu sultan ini mempunyai banyak keuntungan dan hak istimewa, seperti pelayanan akses VIP di sejumlah Hotel mewah, akses berbelanja eksklusif dengan penawaran harga spesial, undangan eksklusif dari brand terkenal saat pagelaran fashion show dan akses vip untuk penyewaan jet pribadi. Uniknya, yang paling mencuri perhatian publik adalah, bagi para pemegang Black Card bahkan dapat menutup sebuah toko saat berbelanja sendirian.

Mengutip dari CNBC, beberapa artis internasional hingga artis Tanah Air sudah memiliki Black Card tersebut. Seperti, Beyonce, Oprah Winfrey, G-Dragon Big Bang, TOP Big Bang, Jin BTS, Jungkook BTS, Jaehyun NCT dan masih banyak lagi. Untuk artis Indonesia yang terlihat ada Nagita Slavina.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur