/
/
BMKG: Aktivitas Gempa Cianjur Terus Melemah, Warga Sudah Bisa Kembali Ke Rumah

BMKG: Aktivitas Gempa Cianjur Terus Melemah, Warga Sudah Bisa Kembali Ke Rumah

BMKG Aktivitas Gempa Cianjur Terus Melemah Warga Sudah Bisa Kembali Ke Rumah
Gempa Cianjur membelah jalan warga. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) mengklaim bahwa aktivitas gempa bumi yang berada di wilayah Cianjur, Jawa Barat, saat ini terus melemah.

Bagi masyarakat Cianjur sudah bisa kembali ke tempat tinggalnya masing-masing, namun dengan catatan kondisi bangunan rumahnya tidak mengalami kerusakan.

Dalam rilisannya BMKG menyatakan, dari hasil monitoring yang dilakukan selama 7 hari terakhir, aktivitas gempa bumi susulan magnitudonya menunjukkan secara fluktuatif semakin merendah. Frekuensi kejadian gempanya pun juga semakin jarang.

“Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, maka masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing, dengan catatan kondisi bangunan rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur,” tulis keterangan BMKG dalam rilis resminya, Senin (28/11/2022).

BACA JUGA: Kepala BMKG: Gempa di Cianjur Diduga Akibat Pergerakan Sesar Cimandiri

Bagi warga yang ingin kembali ke rumahnya, BMKG menghimbau untuk menata perabotan rumahnya kembali, agar jalur evakuasi keluar menjadi lapang dan tidak terhalang oleh benda apapun karena langkah ini sangat penting.

“Warga yang ingin kembali ke rumahnya, dianjurkan untuk menjauhkan seluruh benda-benda berat (lemari dll) yang berada di atas perabotan, atau juga benda-benda menggantung yang dapat berpotensi jatuh menimpa penghuninya jika terjadi guncangan,” jelas BMKG.

Kemudian, BMKG juga meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan terus memonitor perkembangan terkini terkait informasi gempa bumi dari aplikasi mobile phone info BMKG.

BACA JUGA: Tiga Oknum Diamankan Polisi Usai Cegat Bantuan Korban Gempa Cianjur

Gempa bumi magnitudo (M) 5,6 yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) siang lalu, berada pada titik koordinat 6,83 derajat LS dan 107,06 derajat BT dengan kedalaman 10 km.

Di beberapa wilayah pun khususnya Jabodetabek dan Sukabumi banyak warga melaporkan merasakan gempa. Tidak hanya itu guncangan tersebut dirasakan oleh warga di Bandung.

Dilaporkan per Senin (28/11/2022), sebanyak 321 orang meninggal dunia, 595 orang luka berat dan 108 orang masih dirawat dalam bencana alam ini. Selain itu, total 73.693 orang mengungsi dari tempat tinggalnya.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur