/
/
Bola Resmi Piala Dunia Qatar 2022 Berfitur Deteksi Offside Dibuat di Madiun Jawa Timur

Bola Resmi Piala Dunia Qatar 2022 Berfitur Deteksi Offside Dibuat di Madiun Jawa Timur

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melepas ekspor bola buatan PT Global Way, Credit: Istimwa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Walaupun tidak berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia Qatar 2022, tetapi Indonesia mampu menjadi bagian penting dalam pesta olahraga terbesar itu. 

Siapa sangka bola resmi Piala Dunia 2022 yang diberi nama ‘Al Rihla’ itu diproduksi produsen peralatan olahraga asal di Madiun, Jawa Timur yakni PT Global Way Indonesia.

Al Rihla dirancang dengan desain yang mengadopsi dari Dhow Boat tradisional yang mewakili lanskap Doha, Qatar dan disertai pola berwarna biru, kuning dan merah.

BACA JUGA: Inilah Wajah Anyar Taman Mini Indonesia Indah Setelah Direnovasi, Ada 4 Pilar Baru

Adapun keunikan lainnya, dasain yang tersemat pada bola ini seperti tinta dan lem dibuat dengan bahan dasar air. 

Sementara itu, PT Global Way Indonesia menerapkan fitur-fitur canggih pada bola tersebut. Selain Aerodinamis, tak ketinggalan teknologi terbaru bernama Semi-Automated Offside Technology (SAOT). Dengan fitur itu bola dapat terkoneksi dengan perangkat wasit, sehingga mempermudah saat laga berlangsung. 

Al Rihla tersambung dengan 12 kamera pemantau yang berada di setiap sisi stadion. Nantinya dari sensornya itu akan menghasilkan data yang terintegrasi ke ruang operasional video.  

BACA JUGA: Jembatan Otista Siap Revitalisasi, Jalan Otista Bogor Akan Ditutup 9 Bulan

Dilansir dari Detik.com General Manager Long Way Group Jeftha Wardojo menerangkan PT Global Way Indonesia sendiri sudah menjalin kerjasama dengan Adidas sejak 25 tahun lalu. 

Perusahaan itu sudah empat kali berkontribusi dalam gelaran Piala Dunia. PT Global Way Indonesia memproduksi hampir 70 persen dari total kebutuhan pasar. 

Cukup disayangkan PT Global Way Indonesia tidak membuat perlengkapan olahraga untuk dalam negeri. Saat ini perusahaan tersebut menggarap beberapa produk bermerek untuk diekspor keluar negeri.

Syahrul

Redaktur

Syahrul

Redaktur