/
/
Comeback! Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022 Usai Tertinggal 91 Poin

Comeback! Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022 Usai Tertinggal 91 Poin

Comeback Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022 Usai Tertinggal 91 Poin
Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022. Credit: Instagram/motogp

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Francesco Bagnaia akhirnya sukses meraih gelar juara di MotoGP 2022. Dia menjadi pembalap berkewarganegaraan Italia pertama yang memenangkan kompetisi, setelah terakhir kali diraih mentornya yakni, Valentino Rossi di musim 2009 lalu.

Perjalanan Bagnaia atau yang sering disebut ‘Pecco’ di ajang MotoGP 2022 sejatinya tidak mudah. Bahkan di pertengahan musim dia sempat tertinggal 91 poin dari pesaingnya, Fabio Quartararo . Melihat kondisi Pecco dengan 81 poin, sementara Quartararo sudah 172 poin, banyak pihak menjagokan Quartararo menjadi juara.

Perlahan tapi pasti, Bagnaia mampu memangkas jarak dan mendekati raihan poin Quartararo. Momen tersebut bermula saat pembalap asal spanyol itu sulit untuk menang. Ironisnya, Quartararo hanya sekali finis podium urutan kedua saat gelaran di Austria.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Bermain Buruk Hingga Lempar Ban Kapten, Portugal Dibekuk Spanyol 0-1

Menjadi momen comeback dengan jarak terjauh sepanjang sejarah MotoGP. Pecco sukses keluar sebagai juara MotoGP 2022 dengan selisih 17 poin dari Quartararo. Pembalap kelahiran 14 Januari 1997 tersebut, menjadi orang Italia pertama menyamai torehan Giacomo Agostini yang mampu meraih gelar dengan mengendarai motor dari negaranya sendiri. Giacomo Agostini pada 1966-1972, menjadi juara dunia kelas primer (500cc) dengan motor pabrikan Italia yaitu MV Agusta.

Menurut catatan resmi MotoGP, Setelah Giacomo Agostini hanya ada tiga pembalap juara dunia asal Italia yang hadir di kelas primer, dan itu pun memakai motor pabrikan asal Jepang, seperti Marco Lucchinelli dengan Suzuki, Franco Uncini dengan Suzuki, dan terakhir Valentino Rossi dengan Honda dan Yamaha.

BACA JUGA: Kesulitan Menguasai Medan Tempur, The Minions Kalah Telak dari Ganda Inggris

Rekor lainnya yang diraih Francesco Bagnaia adalah memutus dahaga puasa gelar juara dunia untuk pabrikan Ducati di MotoGP. Setelah 15 tahun terakhir bendera Ducati menjadi juara dunia pada 2007, oleh ridernya saat itu Casey Stoner yang berbendera Australia. Lebih hebatnya lagi, Pecco berhasil memutus dominasi pembalap asal Spanyol di MotoGP selama hampir satu dekade terakhir, setelah terakhir pada 2009 oleh Valentino Rossi.

MotoGP 2022 menjadi gelar juara dunia pertama bagi Bagnaia, dan butuh empat tahun untuk bertarung merebut titel juara dunia. Pada musim ini, Bagnaia meraih tujuh kemenangan dan 10 podium dari 20 balapan untuk memastikan dirinya sebagai juara dunia MotoGP tahun ini.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur