/
/
Empat Rumah di Cicurug Terendam Banjir, Warga: Gara-gara Proyek Pembangunan Gudang

Empat Rumah di Cicurug Terendam Banjir, Warga: Gara-gara Proyek Pembangunan Gudang

cicurug
Rumah terendam banjir di Kecamatan Cicurug. Credit : Istimewa.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sebanyak empat unit rumah yang terletak di Kampung Babakan, RT 03/01, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi terendam banjir pada Senin (31/12/2023). Banjir ini terjadi diduga akibat air yang meluap ke pemukiman warga dari area proyek pembangunan gudang PT Wings yang dimotori oleh PT Dwi Tunggal Surya Jaya. 

Ketua RT 03, Muhtar menerangkan, semenjak pembangunan gudang tersebut berlangsung, banjir yang merendam rumah warga sudah terjadi sebanyak 3 kali. Sebelum beroperasinya pembangunan tersebut, tidak pernah ada rumah warga yang terendam banjir walaupun diguyur hujan dengan intensitas tinggi. 

“Ada empat rumah yang kebanjiran. Ini sih airnya dari proyek yang mengalir ke pemukiman warga. Sebelumnya gak ada kejadian kaya gini di kampung saya,” ujarnya kepada segimedia.id.

BACA JUGA : Jokowi Resmikan Jembatan Otista Kota Bogor, Telan Biaya Rp101 Miliar

Muhtar meminta kepada pihak perusahaan ataupun kontraktor untuk segera mencari solusi konkret mengantisipasi kejadian serupa terulang.Ia khawatir apabila diabaikan akan mendatangkan bencana yang lebih besar lagi. 

“Sudah ada pihak kontraktor yang data ke sini, tapi hingga saat ini bentuk tanggung jawab belum terealisasi. Malahan tadi juga datang lagi, cuman satpamnya yang datang. Ya gitu masih tidak jelas,” katanya. 

BACA JUGA : Lansai 51 Tahun Meninggal Dunia Tertimbun Longsor di Nagrak Sukabumi

Muhtar menuturkan, kondisi seperti ini mengganggu kestabilan warga di kampungnya. Pasalanya, pemilik rumah yang langganan terdampak banjir tersebut kerap resah ketika hendak turun hujan. 

“Aliran air yang dari proyeknya itu juga cukup deras, jadi pemilik rumah khawatir merusak barang berharga atau utilitas yang ada di rumahnya,” tandasnya.

Sementara itu, Lurah Cicurug, Saep Purnama menerangkan sudah mendiskusikan hal tersebut bersama Camat Cicurug untuk mencari solusi terbaik. Rencananya dalam waktu dekat, pihak-pihak terkait seperit PT Dwi Tunggal selaku kontraktor dan PT Niagatama Kencana selaku owner akan diundang untuk duduk bersama.

“Terkait kejadian sudah saya tembuskan kepada Camat Cicurug, dan juga PT Dwi Tunggal serta PT Niagatama Kencana. Kami Kelurahan Cicurug, hanya memfasilitasi saja,” pungkasnya.

Hingga berita ini ditayangkan tim redaksi segimedia.id sudah berupaya mengkonfirmasi kejadian tersebut ke pihak PT Dwi Tunggal Surya Jaya, namun tidak ada jawaban.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur