/
/
Erick Thohir Resmi Terpilih jadi Ketua Umum PSSI, Bagaimana Posisinya di BUMN ?

Erick Thohir Resmi Terpilih jadi Ketua Umum PSSI, Bagaimana Posisinya di BUMN ?

erick thohir
Dua calon ketua umum PSSI, La Nyalla Mattaliti dan Erick Thohir (tengah) berpelukan di hadapan rekan media dan tamu yang hadir di KLB PSSI di Hotel Shangri-La, Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Credit: Kompas.com

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) telah sah dimenangkan oleh Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI selanjutnya yang mengantongi 64 suara dari total 86 suara berlangsung di Hotel Shangri-La, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis (16/02/2023). 

Sebelumnya pencalonan Erick Thohir ini sempat terkendala aturan kontribusi, yang dimana setiap orang yang ingin maju menjadi calon itu harus menjadi anggota PSSI selama lima tahun. 

Masalah itu dapat terbantahkan karena dirinya sempat merajut karier sebagai Wakil Komisaris Utama di PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) di tahun 2009 hingga 2019. 

BACA JUGA: Jalan Letkol Eddie Soekardi Sukabumi Sering Makan Korban Karena Gelap dan Berlubang

Selain itu ia juga sempat menjabat sebagai Direktur Keuangan Persija Jakarta pada tahun 2000-an dan kini ia merupakan pemilik saham Persis Solo sejak 2021.

“Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan,” singkatnya setelah keluar dari ruangan KLB PSSI seperti dilansir segimedia.id dari liputan6.com.

BACA JUGA: Teknologi, Alat Bantu yang Mengikat Manusia dalam Kebutuhan Sehari-hari

Namun di samping itu, Erick Thohir sejak Oktober 2019 hingga saat ini masih menjabat Menteri BUMN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Rangkap jabatan yang diembannya ini tidak menyalahi aturan, hal itu tertuang pada Undang-undang (UU) Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan. UU itu menjelaskan ketua federasi cabang olahraga apapun harus diketuai seseorang yang berkompeten.

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur