/
/
Geser Hartono Bersaudara, Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya di Indonesia

Geser Hartono Bersaudara, Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya di Indonesia

Geser Hartono Bersaudara, Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya di Indonesia
Low Tuck Kwong Pengusaha batu bara. Credit: Forbes

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Posisi dua bersaudara Budi Hartono dan Michael Hartono sebagai orang terkaya di Indonesia tergeser. Saat ini, Pengusaha Batu Bara, Low Tuck Kwong menempati posisi teratas sebagai orang terkaya di Indonesia, melampaui pemilik Djarum Hartono Bersaudara yang kerap bertengger di posisi pertama sebagai orang terkaya di Tanah Air.

Mengacu pada data Real-Time Billionaires List Forbes, Senin (26/12/2022), Low Tuck Kwong berada di posisi pertama dalam daftar pencarian orang terkaya di Indonesia. Pengusaha batu bara yang sebelumnya warga Singapura ini, merupakan pendiri Bayan Resources dengan kekayaan US$ 25,5 miliar atau Rp 397,80 triliun (kurs Rp 15.600). Nama Low Tuck Kwong dalam daftar tersebut, berada di ranking 52 orang terkaya di dunia. 

tambang batu bara bayan
Tambang batu bara Bayan Resources milik Low Tuck Kwong. Credit: Muhammad Fadli Forbes

Perusahaan tambang milik Low Tuck Kwong, saat ini terus mengalami kenaikan harga saham. Pada pekan lalu, berada di posisi terbesar ketiga di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam kenaikan harga saham BYAN (Bayan Resources). Saham BYAN melambung mencapai 13,19 persen ke posisi Rp18.450 dalam penutupan perdagangan pada Rabu, 21 Desember 2022.

tamnbang batu bara bayan 2
Terminal Batubara Bayan milik Low Tuck Kwong di Balikpapan. Credit: Muhammad Fadli Forbes

BACA JUGA: Trofi Piala Dunia 2 Kali Dicuri, Inilah Fakta Menariknya

Melansir dari data Bursa Efek Indonesia (BEI), untuk kapitalisasi pasar saham dari BYAN tercatat Rp 615 triliun dan menempatkan BYAN berada di posisi ketiga di bawah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). 

Berbeda dengan sebelum-sebelumnya di mana kekayaan kedua bos Djarum Budi dan Michael digabung. Namun saat ini dalam daftar orang terkaya, kekayaan Budi Hartono dan Michael Hartono dipisah.

Untuk posisi Budi Hartono dalam daftar pencarian orang terkaya di Indonesia berada di posisi kedua. Ia tercatat memiliki kekayaan sebesar US$ 22,3 miliar atau sekitar Rp 347,88 triliun, terpaut cukup jauh dari harta kekayaan Low Tuck Kwong.

BACA JUGA:  Warga Senang Alun-alun Kaum Cicurug Terang dan Rapi

Untuk secara globalnya, Budi Hartono berada di rangking 67 dalam daftar orang terkaya dunia. Sementara itu, kakak dari Budi yakni Michael Hartono berada di urutan ketiga dalam pencarian orang terkaya di Indonesia.

Michael Hartono memiliki harta US$ 21,5 miliar atau Rp 335,40 triliun. Ia saat ini menempati urutan ke-71 dalam daftar orang terkaya di dunia.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur