/
/
Google Doodle Kenang Pelopor Game Modern Jerry Lawson Lewat Game Interaktif

Google Doodle Kenang Pelopor Game Modern Jerry Lawson Lewat Game Interaktif

Google Doodle Kenang Pelopor Game Modern Jerry Lawson Lewat Game Interaktif
Google Doodle Jerry Lawson. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Google doodle saat ini sedang merayakan ulang tahun Gerald “Jerry” Lawson yang ke-82, Kamis (1/12/2022).

Jerry Lawson dikenal dengan karya-karyanya dalam mendesain konsol video game Fairchild Channel F serta, ia juga memimpin sebuah tim untuk memelopori kartrid video game komersial.

Oleh karena itu, desain doodle Jerry ditampilkan Google di halaman awal pencarian, dan dibungkus dengan sebuah game piksel yang bisa dimainkan para penikmat Google. 

Doodle tersebut merupakan karya kolaborasi Google dengan anak-anak Jerry, yaitu Anderson dan Karen Lawson. Mereka memperlihatkan gambar Jerry yang tengah bermain game konsol pada layar dengan tulisan Google.

Para pengguna mesin pencarian ini, bisa mengklik ikon Play berwarna kuning dengan kotak merah di tengah layar, agar bisa melihat sebuah game secara acak dan dimainkan di halaman tersebut. Tidak hanya itu, bahkan penggunanya bisa mengedit dan membuat game sendiri sesuka hati. Dalam mengedit, pengguna hanya perlu mengklik ikon pensil di kiri atas.

doodle 1
Google Doodle Jerry Lawson. Credit: Istimewa

BACA JUGA: Batas Cuitan di Twitter Akan Dimaksimalkan Hingga 1.000 Karakter?

Sementara itu, untuk membuat game sendiri ala Jerry Lawson, pengguna cukup klik ikon rumah di kanan atas dan akan ditunjukkan dengan beberapa contoh game bawaan.

doodle 2
Google Doodle Jerry Lawson. Credit: Istimewa

 

Jerry Lawson sendiri dikenal sebagai salah satu pencetus game modern. Ia lalu memimpin sebuah tim untuk mengembangkan sistem game video rumahan pertama dengan kartrid game yang bisa ditukar.

Lahir di Brooklyn, New york, Amerika Serikat pada 1 Desember 1940 silam, Jerry sebenarnya sudah mencoba bereksperimen dengan dunia elektronik sejak usia dini. Ia bisa memperbaiki televisi di sekitar lingkungannya, dan yang paling menakjubkan Jerry membuat stasiun radionya sendiri dengan menggunakan suku cadang daur ulang.

BACA JUGA: Tulus Sudahi Dominasi BTS dan Taylor Swift di Spotify Indonesia Tahun ini

Beberapa tahun kemudian setelah lulus kuliah di Queens College dan City College of New York, Jerry bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik. Dengan keahliannya lalu ia dipromosikan menjadi direktur teknik dan pemasaran departemen video game Fairchild dan sebagai pemimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F.

Pada 1980, Jerry meninggalkan Fairchild dan membuat perusahaannya sendiri yaitu VideoSoft yang hanya bertahan selama lima tahun. Namun, Jerry tetap dikenal sebagai pelopor dalam industri video game dan selama sisa karirnya ia terus berkonsultasi dengan berbagai perusahaan rekayasa dan video game 

Tak hanya di Indonesia, Google doodle ini muncul juga di beberapa negara Australia, Taiwan, Jepang, India, Yunani, Italia, Polandia, Jerman, Prancis, Inggris, Irlandia, Islandia, Argentina, Chili, Peru, Kolombia, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur