/
/
Gubernur Jakarta Anies dan Riza Diberhentikan dari Jabatannya Sejak Oktober 2022 Mendatang

Gubernur Jakarta Anies dan Riza Diberhentikan dari Jabatannya Sejak Oktober 2022 Mendatang

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

DPRD DKI Jakarta resmi mengumumkan tanggal pemberhentian Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria untuk masa jabatan 2017-2022 dalam rapat paripurna yang diselenggarakan di Gedung DPRD DKI, Selasa (13/9/2022).

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi dalam gelaran rapat yang diselenggarakan tahunan itu, menyatakan Anies serta Riza diusulkan untuk berhenti dan digantikan Pelaksana Tugas (Plt) kepala daerah dan wakil kepala daerah pada tanggal 16 Oktober 2022.

test

“Saudara Anies Rasyid Baswedan dan saudara Insinyur Haji Ahmad Riza Patria masing-masing sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022. Diusulkan pemberhentian sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah khusus Ibukota Jakarta,” ujar Prasetyo dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa, (13/9/2022).

Pemberhentian dengan tanggal yang sudah ditentukan itu tertuang dalam berita acara paripurna yang dilanjutkan dengan penandatanganan oleh keempat pimpinan DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, Rani Mauliani, Khoirudin dan Zita Anjani.

“Rapat paripurna hari ini adalah salah satu proses untuk kelengkapan administrasi untuk mengikuti Pilkada 2024,” ujar Prasetyo.

Agenda paripurna ini merupakan amanat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk kepada seluruh jajaran DPRD di tingkat provinsi, kabupaten, maupun di kota. Dimana amanat tersebut berisi perintah untuk menggelar rapat pengumuman kepala daerah yang masa jabatannya selesai pada 2022.

Di tempat berbeda, Mendagri Tito Karnavian menyurati DPRD DKI agar dapat mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan. Ia juga menerangkan hendak mengajukan tiga untuk menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta, sehingga total akan ada enam calon Plt Gubernur DKI Jakarta.

“Gubernur DKI Jakarta (Anies) akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 16 Oktober 2022, sehingga perlu mengisi kekosongan jabatan Gubernur DKI Jakarta sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tulis Tito.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur