/
/
Gunung Gede Pangrango Dibuka Kembali Pasca Gempa Cianjur

Gunung Gede Pangrango Dibuka Kembali Pasca Gempa Cianjur

gunung gede pangrango
Kantor Balai Besar Taman Nasioana Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP). Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ada kabar gembira bagi para pendaki yang ingin hiking ke puncak Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Cianjur. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) membuka kembali jalur pendakian mulai Jumat (10/02/2023) kemarin. 

Sebelumnya sejak bulan November 2022 lalu jalur pendakian Gunung Gede Pangrango sempat ditutup karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan pasca guncangan gempa bumi bermagnitudo 5,6 sr. 

Kebijakan pembukaan kegiatan pendakian untuk umum tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 02/BBTNGGP/Tek.2/02/2023 tentang Pembukaan Kegiatan Pendakian Taman Nasional Gede Pangrango.

BACA JUGA: 9 Film ini Dilarang Tayang di Indonesia, Banyak Menuai Kontroversi

Pihak BBTNGGP mempertimbangkan beberapa hal yang antara lain merujuk pada hasil pemantauan lapangan petugas BBTNGGP pasca gempa bumi Cianjur dan laporan final Geohazard Gunung Gede Pangrango oleh Tim Ahli Geologi, yang dimungkinkan untuk aktivitas pendakian dengan penuh kehati-hatian.

Surat Edaran (SE)

Adapun catatan BBTNGGP dalam surat edaran tersebut diantaranya seluruh calon pendaki wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19 serta memperhatikan dan mematuhi tanda atau marka pemberitahuan di jalur pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

BACA JUGA: 24 Perusahaan Terlibat, Siapa Selanjutnya Menjadi Tersangka SPK Bodong Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi ?

Seperti diketahui BBTNGGP telah menjatuhkan sanksi larangan mendaki selama dua tahun bagi sembilan pendaki asal Jakarta.

 BBTNGGP memberikan sanksi berupa blacklist dikarenakan para pendaki itu melakukan pendakian ilegal saat penutupan pasca gempa 21 November 2022.

Mengingat musim hujan masih belum selesai, diharapkan para pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Gede-Pangrango menaati kebijakan dan peraturan tertulis dari pihak BBTNGGP untuk kenyamanan dan keamanan bersama.

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur