/
/
Hari Anak Sedunia, UNICEF: Setiap Anak Berhak Hidup Damai dan Tentram

Hari Anak Sedunia, UNICEF: Setiap Anak Berhak Hidup Damai dan Tentram

Hari Anak Sedunia, UNICEF: Setiap Anak Berhak Hidup Damai dan Tentram
Ilustrasi. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Hari ini 20 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. Perayaan tersebut telah diadakan sejak 1954 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mempromosikan dan merayakan hak asasi anak.

Hak asasi anak sendiri mendasari semua aspek yang berhubungan dengan anak-anak di seluruh dunia. Termasuk untuk menjaga anak-anak tetap aman, mendapatkan kasih sayang, dan hidup sejahtera bersama keluarga mereka.

BACA JUGA: Jelang Konser, Coldplay Pamer Persiapan di SUGBK Jakarta

Melansir dari Children 1st, tahun ini perayaan Hari Anak Sedunia mengambil tema “for every child, every right,” atau “untuk semua anak, semua hak,”. Salah satu hak anak yang terangkum dalam UNCRC yaitu setiap orang harus mengetahui hak asasi anak.

Perayaan ini juga sekaligus memberi ruang bagi anak dan remaja di seluruh dunia untuk menyuarakan isu-isu penting yang berhubungan langsung dengan mereka. Tentu setiap anak-anak diizinkan bersuara dan memikirkan masa depan yang ingin mereka gapai.

UNICEF pun pada Hari Anak Sedunia menjelaskan tema tahun ini juga memiliki arti yang cukup luas. Hak yang ada dalam tema misalnya hak anak untuk hidup damai. Setiap anak di seluruh dunia berhak hidup di dunia yang damai dan tentram.

Anak-anak juga berhak atas bumi yang nyaman untuk hidup. Bisa terbebas dari polusi dan berbagai masalah kerusakan alam lainnya, serta berhak bersuara. Mereka harus didengarkan, apapun keinginan dan harapannya.

BACA JUGATukang Batu di Sukabumi Tewas Terkena Bahan Peledak, Polisi : Kami Temukan Sisa Serbuk

Pertama kali dirayakan pada 1954 dan selalu dirayakan setiap tahunnya, untuk meningkatkan kesadaran tentang kesejahteraan anak dan hak-hak mereka.

Alasan mengapa tanggal 20 November juga dipilih sebagai Hari Anak Sedunia, karena tepat hari tersebut Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Kemudian pada 1990 hari tersebut juga ditandai dengan peringatan UNGA yang mengesahkan deklarasi dan Konvensi tentang Hak-Hak Anak.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur