/
/
Inilah Wajah Anyar Taman Mini Indonesia Indah Setelah Direnovasi, Ada 4 Pilar Baru

Inilah Wajah Anyar Taman Mini Indonesia Indah Setelah Direnovasi, Ada 4 Pilar Baru

Inilah Wajah Anyar Taman Mini Indonesia Indah Setelah di Renovasi Ada 4 Pilar Baru
Taman Mini Indonesia Indah. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibuka kembali untuk uji publik hari Minggu 20 November 2022 kemarin, setelah pasca revitalisasi. Untuk pengunjung yang ingin datang ke TMII, masih dibatasi dengan kuota 5 ribu orang per hari. 

Dihari pembukaan, pengelola TMII memberikan apresiasi kepada enam pengunjung pertama berupa pengalungan syal etnik oleh Direktur Pemasaran, Pelayanan, dan Pengembangan Usaha Hetty Herawati serta Direktur Eksekutif TMII Emilia Eny Utari. Tidak hanya itu para pengunjung juga disambut oleh penampilan musik Tanjidor, Ondel-ondel, dan Pagar Ayu Changing Guard khas budaya Betawi.

“Antusiasme publik terhadap pembukaan kembali operasional destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah direspon sangat baik,” pernyataan TMII dalam keterangan tertulis, Minggu, 20/11/2022.

Wajah Baru TMII masih merepresentasikan Kebudayaan Indonesia. Renovasi yang dibangun sejak januari lalu, diantaranya, renovasi joglo, renovasi museum, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, lalu ada penataan lanskap pulau di danau Archipelago, eks Theater Garuda, eks Museum Telkom, dan Keong Mas.

tmii
Taman Mini Indonesia Indah. Credit: Instagram/alivikry

BACA JUGA: Jembatan Otista Siap Revitalisasi, Jalan Otista Bogor Akan Ditutup 9 Bulan

Edy Setijono, selaku Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC), mengatakan revitalisasi TMII ini untuk membangkitkan kembali ruh dan spirit miniatur Indonesia

“Wajah baru TMII ini, direalisasikan untuk mengembalikan ruh dan spirit TMII sebagai miniatur Indonesia,” kata Edy dalam keterangan tertulis.

Pengelola TMII yakni PT TWC dalam pengembangannya membuat empat pilar konsep dalam pengelolaan yaitu inclusive, green, smart, dan culture.

  1. Pilar inclusive merupakan penyediaan ruang publik di TMII untuk komunitas.
  2. Pilar green untuk berkontribusi dalam mengurangi emisi sekaligus menjadi penyuplai oksigen dengan ketersediaan 70 persen zona hijau dan 30 persen bangunan di seluruh area TMII.
keong mas
Taman Mini Indonesia Indah. Credit: Instagram/alivikry

BACA JUGA: Hari ini Moda Transportasi MRT beroperasional Hingga pukul 24.00 WIB

  1. Pilar smart akan menghadirkan tata kelola yang transparan sehingga seluruh transaksi yang berada di lingkup TMII didorong dengan teknologi digital. Seperti pembelian tiket melalui online dan transaksi non tunai.
  2. pilar culture bakal memaksimalkan keberadaan anjungan-anjungan di TMII, dan akan merepresentasikan ragam budaya Indonesia. TMII juga memberi ruang untuk atraksi seni budaya melalui komunitas seni di sekitar kawasan.

TMII selama masa uji coba terbatas akan beroperasi setiap hari dengan harga tiket Rp 25.000 dan jam operasional sebagai berikut:

Pintu Masuk

Senin – Jumat pukul 06.00 – 16.00 WIB

Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional pukul 05.00 – 16.00 WIB

Wahana

Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional pukul 08.00 – 16.00 WIB

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur