/
/
Jadi Pertama di Asia Tenggara, Jokowi Resmikan Tambang Bawah Tanah 5G di Freeport

Jadi Pertama di Asia Tenggara, Jokowi Resmikan Tambang Bawah Tanah 5G di Freeport

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan tiba di Grasberg, Freeport. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Presiden Joko Widodo serta rombongan berkunjung ke Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis, 1 September 2022.

Dalam kunjungannya tersebut, Presiden Jokowi meresmikan teknologi terbaru hasil kerja sama Freeport dan PT. Telkomsel yaitu 5G Underground Smart Mining.

Teknologi yang diterapkan di tambang bawah tanah dan bisa dikendalikan jarak jauh ini, untuk meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas operasional perusahaan.

Presiden Jokowi mengatakan, Teknologi 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara ini, akan membuat Freeport Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global. Serta berkontribusi besar bagi kemajuan industri pertambangan Indonesia.

“Hari ini kita buktikan bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara,” ujar Jokowi

“Kita tidak boleh tertinggal dan harus mampu bersaing di segala sektor yang semakin terdigitalisasi,” tambah Jokowi

Presiden Joko Widodo juga meminta agar semua sektor pertambangan segera menerapkan teknologi artificial intelligence (AI), internet of things (IOT), machine learning hingga big data dalam operasional di pertambangan.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur