/
/
Jembatan Cikereteg Bogor Bakal Diperbaiki, Tapi Masih Dilintasi Kendaraan Berat

Jembatan Cikereteg Bogor Bakal Diperbaiki, Tapi Masih Dilintasi Kendaraan Berat

Jembatan Cikereteg Bogor Bakal Diperbaiki, Tapi Masih Dilintasi Kendaraan Berat
Kondisi Jembatan Cikereteg Bogor. Credit: Rizky Adha Mahendra/detikcom

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Jembatan Cikereteg yang berada di Jalan raya H.E Sukma penghubung antara Bogor Sukabumi bakal diperbaiki oleh pemerintah pusat. Sebab, jembatan yang mengalami amblas tersebut, merupakan kewenangan dari pusat yakni Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

Namun salah seorang warga, Ardy (33)  mengaku khawatir dengan keadaan Jembatan Cikereteg yang belakangan ini amblas. Dengan keadaan itu, ia mengaku masih melihat adanya kendaraan-kendaraan berat yang melintas di jalan tersebut. 

“Jalan ini memang akses jalan utama karena jalan nasional, ini kan jembatan bawahnya longsor tapi masih ada aja Truk Kontainer yang melintas. Biasanya malam hari’’ Ujar Ardy

Ramainya di sosial media mengenai kondisi jembatan tersebut, pihak Pemkab Bogor dalam hal ini Dinas PUPR Kabupaten Bogor menyatakan bahwa, perbaikan Jembatan Cikereteg yang tergerus longsor sedang menunggu proses lelang pekerjaan oleh Kementerian PUPR.

BACA JUGA: Liga 1 Musim 2022/2023 Resmi Kembali Digelar

“Hasil koordinasi kami dengan pusat (Kementerian PUPR), ruas jalan tersebut sebetulnya sudah dilakukan survey sejak bulan Oktober lalu. Dan memang akan dilakukan perbaikan. Jadi prosesnya saat ini sedang tahap lelang. Intinya akan segera dilakukan perbaikan,” kata Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Gantara Lenggana, Senin (5/12/2022).

Gantara menegaskan meskipun ini kewenangan pemerintah pusat karena Jalan Raya HE Sukma itu berstatus jalan nasional, dalam hal ini Pemkab Bogor melakukan beberapa upaya untuk mengamankan warga sekitar dan pengendara yang melintas. Yakni dengan mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati ketika melintas di jembatan tersebut

“Kami sudah melakukan imbauan kepada masyarakat diantaranya agar tetap waspada saat melintasi jalan tersebut,  khususnya untuk masyarakat yang berada dekat dengan lokasi tersebut,” ujar Gantara.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Agus Ridallah dalam pengamanan ruas jalan dan pengaturan lalu lintas, mengaku telah menerjunkan personilnya.

BACA JUGA: Tidak Lagi Menarik, Nama “Asep” Mulai Ditinggalkan

“Untuk memperlancar arus lalu lintas, Saya menghimbau kepada pengguna jalan yang akan melalui jembatan Cikereteg, agar selalu waspada dan berhati-hati serta mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara. Karena ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan, karena terjadi longsor pada Jembatan Cikereteg,” ujar Agus.

Menanggapi keluhan warga sekitar, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin menegaskan pihaknya sudah memberlakukan rekayasa lalu lintas di ruas Jalan Raya HE Sukma yang terkena amblas tersebut. Kendaraan besar seperti Truk Fuso dan Truk Tronton diarahkan untuk masuk ke Tol Rancamaya dan Tol Ciawi bagi yang akan menuju Sukabumi. Sementara itu, kendaraan besar yang bertujuan ke Jakarta dari arah Cigombong dan Caringin, diarahkan masuk ke Tol Cigombong-Caringin.

“Agar tidak terjadi longsoran yang bisa mengakibatkan korban jiwa dan kendaraan, kami melakukan rekayasa lalu lintas. Dengan membatasi jumlah kendaraan dengan tonase yang besar agar tidak melewati Jembatan Cikereteg,” Ujar Iman.

Iman menambahkan untuk kendaraan kecil seperti mobil dan motor masih dapat melintas. Namun, pihaknya melakukan pembatasan dengan melakukan buka tutup, baik dari arah Sukabumi maupun dari arah Bogor. Hal ini untuk mengurangi beban dari jembatan tersebut.

“Kami memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem buka tutup, baik dari arah Sukabumi ke Bogor maupun sebaliknya, secara bergantian. Untuk mengurangi beban jembatan,” tegas Iman.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur