/
/
Jembatan Cipamuruyan Ambruk Akibat Pengeboran Pembangunan Jembatan Baru

Jembatan Cipamuruyan Ambruk Akibat Pengeboran Pembangunan Jembatan Baru

Jembatan Cipamuruyan ambruk. Credit: Istimewa.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Jembatan Cipamuruyan yang berada di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi ambruk, Selasa (13/12/2022). Jembatan Cipamuruyan ini merupakan jalan nasional penghubung Sukabumi dan Bogor. 

Jembatan ini ambruk akibat aktivitas pengeboran tanah yang sedang dilakukan untuk pembangunan jembatan baru oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal itu dibenarkan oleh Pelaksana Lapangan Proyek Aldi Trio Pamungkas. Ia menerangkan pihaknya tengah mengerjakan pengeboran sedalam 14 meter untuk pondasi jembatan baru. 

BACA JUGA: Sastrawan Terkenal Masa Hindia Belanda, Kwee Tek Hoay Mati Dirampok di Cicurug

“Jadi ambruknya jembatan lama ini karena pengeboran tanah sedalam 14 meter untuk jembatan baru dan kebetulan pondasi jembatan baru sangat mepet dengan badan jalan jembatan lama dan memang karena pondasi penyangga jembatan lama sudah berusia puluhan tahun,” ujar kepada Segimedia.id di lokasi. 

Aldi menegaskan ambruknya jembatan tersebut bukan karena kesalahan teknis, tapi terjadi karena force majeure atau hal yang tidak bisa dihindari.

“Ini murni bukan kesalahan teknis tapi force majeure, untuk selanjutnya nanti penyedia jasa atau perusahaan akan berkomunikasi dengan pihak PUPR dalam penanganan hal ini,” tegasnya.

BACA JUGA: Meikarta Dicap ‘Kota Mati’, Mayoritas Pembeli Ingin Adanya Pengembalian Uang

Untuk sementara, pihak akan menerapkan proteksi di bagian yang mengalami kerusakan pada jembatan tersebut.

“Selain berkomunikasi dengan PUPR untuk sementara kami akan lakukan proteksi di bagian yang mengalami kerusakan,” tandasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun segimedia.id, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun akibat ambruknya jembatan lama Cipamuruyan yang terjadi sekitar pukul 09.00 WIB membuat arus  lalu lintas tersendat, kemacetan diperkirakan mengular kurang lebih 2 kilometer dari arah Bogor menuju Sukabumi maupun sebaliknya.

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur