/
/
Awas Penipuan Cek Resi Format APK Berkedok J&T, Warganet: Ini Backdoor Namanya

Awas Penipuan Cek Resi Format APK Berkedok J&T, Warganet: Ini Backdoor Namanya

Positngan soal penipuan berkedok J&T di media sosial. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Baru-baru ini jagat media sosial diramaikan informasi modus penipuan pengecekan resi berkedok jasa pengiriman J&T dengan format APK. 

Dalam postingan yang diunggah akun twitter @txtdaribrand, warganet menyebutkan bahwa modus penipuan berkedok J&T itu bernama backdoor. 

Backdoor yang dimaksud adalah ketika file format APK itu diklik akan secara otomatis aplikasi yang ada di dalam file tersebut terpasang di perangkat atau hp korban. Semenjak itu hp dapat dioperasikan secara remote oleh pelaku.

BACA JUGA: Google Doodle Kenang Pelopor Game Modern Jerry Lawson Lewat Game Interaktif

Modus penipuan ini cukup sulit untuk dihindari, mereka langsung memberikan file tersebut kepada korban menggunakan aplikasi perpesanan whatsapp. Maka, untuk menghindarinya masyarakat harus jeli. Jika tidak melakukan transaksi secara online atau resi tersebut diberikan bukan oleh penjual, lebih baik jangan pernah mengklik file tersebut. 

Mendengar informasi tersebut, Public Relations J&T, Diego Prayoga menegaskan bahwa pesan yang memberikan link dalam bentuk file APK itu bukan dibuat pihaknya. 

Sejauh ini tidak ada dalam kebijakan J&T menyerahkan resi kepada pelanggan dalam bentuk aplikasi. 

BACA JUGA: Tulus Sudahi Dominasi BTS dan Taylor Swift di Spotify Indonesia Tahun ini

“Itu bukan dari J&T. Kami memberikan resi kepada pengirim setelah selesai transaksi untuk pengiriman,” ucapnya seperti yang dilansir dari Kompas.com, Senin (05/12/2022). 

Diego menghimbau kepada seluruh pelanggan  J&T untuk tetap waspada terhadap penipuan dalam bentuk apapun mengatasnamakan perusahaan. 

Aplikasi pengecekan resi dapat diunduh melalui App Store atau Play Store dengan nama aplikasi “J&T Express”. 

“Berhati-hati kepada pelanggan J&T, dengan bebagai cara tipu daya,” pungkasnya.

Syahrul

Redaktur

Syahrul

Redaktur