/
/
Kalah di Festival Durian Lokal, Kontestan Laporkan Panitia ke Polres Sukabumi

Kalah di Festival Durian Lokal, Kontestan Laporkan Panitia ke Polres Sukabumi

Wakil Bupati sukabumi, Iyos Somantri (kiri) di Festival Durian Lokal Unggulan Sukabumi. Credit: antaranews.com

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Panitia Festival Durian yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi di Lapangan Changehgar,  Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dilaporkan ke Polres Sukabumi, Rabu (11/1/2023). 

Pelaporan itu dilakukan Suryono Sipayung atau yang biasa dikenal Bang Zaenal, karena duriannya yang diberi nama si Banalung kalah di ajang tersebut akibat kecurangan yang dilakukan pihak panitia.

Menurut Zaenal ketika perlombaan ini berlangsung duriannya mendapatkan nilai yang paling tinggi dari pada peserta lainnya. 

“Ada dugaan perbuatan tidak menyenangkan dari panitia. Saya datang ke Reskrim Polres Sukabumi ingin melaporkan hal tersebut,” terangnya kepada awak media. 

BACA JUGA : 5 Hari Menjabat Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede Tandang ke Tokoh Agama Cicurug

Juara pertama pada perlombaan yang berlangsung pada tanggal 7 Januari 2023 diraih oleh kontestan asal Kecamatan Parungkuda. Oleh sebab itu, Zaenal merasa dirugikan oleh pihak panitia dan sudah mencederai nama besar durian Cikakak.  

“Saya lihat nilannya saat itu, tidak ada yang lebih dari si Banalung. Sekarang reputasinya sudah kurang, otomasi saya dirugikan. Ini sudah saya sampaikan di ruang Reskrim tadi,” ujarnya.

Dalam hal ini ia sudah memberikan waktu kepada pihak panitia untuk memberikan klarifikasi kepadanya atas masalah ini. Namun tidak ada satupun pihak panitia yang datang menyampaikan informasi yang sebenarnya. 

BACA JUGA : Petisi Kembalikan WFH Tembus Puluhan Ribu, Inilah Manfaat dari WFH

“Tidak ada pihak panitia yang beritikad baik. Jadi masalah ini terpaksa saya laporkan. Padahal saya sudah memberi mereka waktu hingga jam 5 sore kemarin,” ucapnya.

Permasalahan ini berawal pada saat pengumuman pemenang. Panitia Festival Durian Lokal menentukan pemenang berdasarkan bendera yang diberikan oleh pejabat yang hadir. Namun hal itu tidak diketahui oleh Zaenal, lantaran pada perlombaan sebelumnya pemenang ditentukan oleh skor

“Kaget, tiba-tiba pantia menilai dari bendera yang diberikan pejabat pada durian. Skornya gak disebut juga, padahal tahun lalu pemenang itu berdasarkan skor, Saya hanya ingin keadilan, saya tahu hasil skornya,” kata Zaenal.

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur