/
/
Kapan Perbaikan Jembatan Cicewol, Kadis PU: Tanggung Jawab BNPB Melalui BPBD

Kapan Perbaikan Jembatan Cicewol, Kadis PU: Tanggung Jawab BNPB Melalui BPBD

jembatan cicewol
Jembatan Cicewol

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pondasi jembatan Cicewol tergerus luapan air sungai Cicatih lebih dari 1 tahun yang lalu tepatnya pada Selasa 27 April 2021.

Agar mobilitas tidak terganggu, saat itu pihak terkait langsung mendirikan jembatan sementara yang terdiri dari material baja yang disusun kayu kemudian ditumpangkan pada tubuh jalan. 

Saat ini kondisi jembatan sudah lapuk lantaran belum ada tindakan konkret yang dilakukan pihak terkait untuk perbaikan jembatan tersebut.  

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Asep Jafar buka suara soal perbaikan jembatan Cicewol yang tak kunjung diperbaiki. Jembatan ini sangat penting untuk warga sekitar karena menjadi salah satu jalan penghubung antara Kecamatan Cicurug dan Cidahu yang paling aktif. 

BACA JUGA: Jadi atau Tidak Pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara

Sambung Asep, kerusakan jembatan ini terjadi karena bencana alam, maka dari itu yang menjadi tanggung jawab untuk memperbaiki ialah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

“Jadi memang jalan itu kewenangannya ada di Dinas PU Kabupaten Sukabumi, tapi dalam hal ini perbaikannya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat karena rusaknya jembatan itu akibat dari bencana alam,” ujarnya saat dihubungi segimedia.id Jumat (09/12/2022). 

Walaupun demikian, pria yang biasa disapa Asjap ini berharap perbaikan dapat dilakukan di tahun 2023 nanti, lantaran jembatan tersebut sudah menjadi akses utama warga Cidahu.

“Harapan saya di 2023 nanti perbaikan bisa dilaksanakan, untuk detail lebih jelasnya coba saja teman-teman berkomunikasi ke  BPBD Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Jika tidak cepat dilakukan perbaikan, dikhawatirkan masyarakat kembali turun ke jalan dan meminta pertanggung jawaban pihak terkait. Seperti apa yang sudah terjadi pada tanggal 26 Januari 2022 lalu. 

BACA JUGA: Mengapa Pengguna Iphone Kebal dari Modus Penipuan “Cek Resi”? Begini Alasannya

Untuk meredam emosi masyarakat, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Sukabumi saat itu menyampaikan bahwa perbaikan ini menjadi tanggung jawab BNPB dan akan segera dilakukan di tahun 2022. 

Namun hingga akhir tahun 2022 ini jembatan tersebut belum tersentuh perbaikan dari pihak manapun. 

Sementara itu tim redaksi segimedia.id mencoba mengkonfirmasi terkait hal ini kepada Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan Saputra, tetapi hingga berita ini dipublikasi belum tanggapan.

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur