/
/
Kasus Penculikan Anak Meningkat, Beberapa Situs Jadi Forum Jual-beli Organ Tubuh

Kasus Penculikan Anak Meningkat, Beberapa Situs Jadi Forum Jual-beli Organ Tubuh

Kasus Penculikan Anak Meningkat, Beberapa Situs Jadi Forum Jual-beli Organ Tubuh
Ilustrasi penculikan anak. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Informasi tentang penculikan anak belakangan ini beredar masif di tengah masyarakat. Isu yang beredar ini menjadi kekhawatiran bagi orang tua dalam menjaga sang buah hati.

Sepanjang tahun 2022, data yang dikumpul oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menyebutkan, telah terjadi 28 kasus penculikan anak. Jumlah kasus ini cenderung meningkat dibandingkan 2021 sebanyak 15 kasus.

Kasus penculikan anak yang baru-baru ini menyita perhatian publik adalah (MFS) bocah 11 tahun di Makassar, Sulawesi Selatan. Bocah tersebut diculik dan dibunuh oleh AD (17) dan MF (14) pada 8 Januari 2023.

69120580-926e-11ed-9743-09850e7d4cb8
Nenek dan kakek korban di kediamannya.
Credit: BBC.com

Awal motif dari penculikan itu adalah saat tersangka utama AD tergiur dengan bisnis penjualan organ manusia, karena dijanjikan tawaran uang miliaran rupiah. Informasi bisnis tersebut didapatkan dari situs Yandex asal luar negeri, yaitu situs jual beli organ tubuh.

BACA JUGA: Selama 2 Bulan Kebelakang Kecelakaan di Jalur KA Terjadi Sebanyak 159 Kali

Dalam aksinya, kedua tersangka mengajak MFS untuk membantu membersihkan rumah MF dengan iming-iming uang Rp50 ribu. setelah sampai dirumah, korban langsung dieksekusi di kamar tamu hingga tewas. Sialnya, setelah selesai membunuh, AD dan MF tidak mengetahui letak ginjal dan saat akan mengkonfirmasi nomor di situs Yandex, sudah tidak bisa diakses dan tidak tersambung.

“Ada harga (organ sel), harganya 80.000 dolar, jual belinya ada ginjal dan paru-paru juga. Pertama saya cekik, dan benturkan kepalanya di dinding,” ujar AD dilansir dari asumsi.

Selang satu hari pada 9 Januari 2023, kedua tersangka berhasil diringkus pihak kepolisian dan dikenakan pasal 80 ayat 3 UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak atau Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP subsider Pasal 170 ayat 3 dengan ancaman pidana paling lama 10 tahun.

Forum jual-beli organ tubuh

Kendati tidak ada jaringan penjualan organ tubuh secara door to door atau langsung, namun penawaran jual-beli tersebut bisa ditemukan di media sosial. Sejumlah grup publik di Facebook, secara terang-terangan menunjukkan tawaran dalam hal menjual dan membeli ginjal.

000_Del115444-scaled copy
Ilustrasi praktek perdagangan organ tubuh manusia. Credit: Istimewa

BACA JUGA: Generasi Z Berani Menikah di KUA, Sifat Gengsi Mulai Ditinggalkan

Salah satu grup yang beranggotakan kurang lebih 750 akun dengan nama “Donor Ginjal Luar Negeri”, terdapat diskusi jual beli ilegal menyangkut organ tubuh manusia. Mereka yang menawarkan memberikan data lengkap mulai dari nomor kontak hingga golongan darah, tawar menawar di grup tersebut aktif setiap hari.

c94291a0-9277-11ed-9a1a-f3662015ae8e
Ilustrasi jual-beli ginjal di forum facebook.
Credit: Istimewa

Dilansir dari beberapa sumber, sindikat perdagangan organ tubuh manusia dalam menutupi kejahatannya, mereka melibatkan kantor notaris. Keterlibatan notaris ini supaya di antara penjual dan pembeli sah secara hukum melakukan kesepakatan, tanpa ada paksaan dan tuntutan di kemudian hari.

Bagaimana cara melindungi anak dari penculikan?

Pemerhati anak Retno Listyarti mengatakan, pencegahan penculikan hingga kekerasan pada anak merupakan keharusan semua pihak, dan ini upaya kolaboratif yang harus dilakukan orang tua, lingkungan dan pemerintah. Masifnya kasus penculikan dan kekerasan pada anak harus menjadi perhatian publik.

Maka dari itu Retno menyarankan kepada semua pihak khususnya orang tua, agar membekali anak dengan edukasi bagaimana berkomunikasi secara gamblang, apa saja yang perlu dilakukan saat anak merasa dalam kondisi berbahaya. Ia menambahkan anak juga harus diajarkan supaya tidak mudah percaya pada orang asing, serta memiliki keberanian untuk menolak tegas apa yang anak curigai dan salah.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur