/
/
Kemana Saluran Donasi dari Uang Kembalian di Minimarket?

Kemana Saluran Donasi dari Uang Kembalian di Minimarket?

Kemana Saluran Donasi dari Uang Kembalian di Minimarket
Kemana larinya uang donasi dari kembalian konsumen Indomaret dan Alfamart. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat kalian berbelanja di sebuah minimarket, kasir Indomaret atau Alfamart misalnya pasti menawarkan apakah uang kembalian ingin didonasikan. Lalu kemana larinya uang yang kalian donasikan tersebut?

Setelah ditelusuri melalui indomaret.co.id website resmi indomaret, mereka menjelaskan bahwa hasil donasi yang dikumpulkan dari konsumen akan diberikan untuk berbagai dalam kegiatan amal.

Diakses segimedia.id pada Rabu (9/11/2022), pihak Indomaret menggandeng IDF-MUI telah meresmikan program peduli pendidikan dari donasi pelanggan. Donasi pelanggan Indomaret yang terkumpul periode 1 Juli – 31 Agustus 2021 untuk Program Peduli Pendidikan berhasil menghimpun dana sebesar Rp 2.812.030.485.

Islamic Dakwah Fund – Majelis Ulama Indonesia (IDF-MUI) digandeng Indomaret sebagai mitra untuk menyalurkan bantuan. Dan ini merupakan ketiga kali mereka bekerja sama dalam hal penyaluran bantuan. 

BACA JUGA: Siap-siap Upah Minimum 2023 Diumumkan 21 dan 30 November mendatang

Bantuan yang disalurkan ini berupa pembangunan fasilitas sarana prasarana di 15 lembaga pendidikan baik itu wilayah Jabodetabek, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Kemudian renovasi tempat ibadah di Lebak Banten, lalu bantuan untuk 55 pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang. Dan yang menarik pembuatan sebuah toko mitra Indogrosir di Kabupaten Tangerang. 

Sedangkan untuk minimarket Alfamart atau Alfamidi yang dikelola oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), mempublikasikan laporan penggunaan donasi konsumen secara berkala.

Laporan penggunaan donasi konsumen yang sudah dilakukan tersebut dapat diakses melalui situs resmi perusahaan alfamart.co.id. Pada 27 Oktober lalu minimarket tersebut telah menerbitkan laporan donasi konsumen untuk periode Januari – Juni 2022.

Dari dana donasi konsumen, baik itu berupa uang kembalian saat berbelanja maupun donasi bebas melalui kasir Alfamart, telah tersalurkan untuk berbagai jenis kegiatan sosial dan kemanusiaan.

BACA JUGA: Dikecam Warganet, Komisaris Pelni Plesetkan Khilafah Jadi ‘Khilafuck’

Corporate Communication GM Alfamart, Rini Wijaya mengatakan dalam situs tersebut, ini merupakan salah satu program positif yang dilakukan Alfamart. Dengan menghimpun donasi dari konsumen lalu dikelola oleh Yayasan penyalur dan sepenuhnya disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Untuk periode Januari hingga April 2022 Alfamart bersama Yayasan Mizan Amanah menyalurkan donasi dengan total sebesar Rp. 4.737.787.274 berupa kebutuhan pokok, bantuan untuk pasien kronis, khitanan massal, santunan pendidikan dan pembangunan rumah siap huni. Penyaluran ini dengan izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama no. SK 764/2018.

Sedangkan untuk periode Mei hingga Juni 2022, donasi yang terkumpul sebesar Rp 2.790.315.358 alfamart mengajak Yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI) untuk menyalurkannya dengan no. 400/HUK-PS/2022 yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial.

Penyaluran donasi disalurkan di banyak bidang sosial seperti pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan berupa paket bantuan kebutuhan pokok dari mulai kebutuhan sekolah, santunan pasien kronis dan santunan pendidikan. Kemudian bantuan bagi pembangunan masjid/musholla, sapi qurban, dan juga pembangunan rumah layak huni.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur