/
/
Kepala Desa Purwasari dan Caringin Meninggal Dunia, Pilkades Dibayangi Moratorium Kabupaten Sukabumi 2023

Kepala Desa Purwasari dan Caringin Meninggal Dunia, Pilkades Dibayangi Moratorium Kabupaten Sukabumi 2023

desa purwasari dan caringin
Pelatinkan Pejabat Sementara Kepala Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, beberapa waktu lalu. Credit: Istimewa.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pemerintah Desa Purwasari dan Caringin saat ini kepemimpinannya diisi oleh pejabat sementara, lantaran kepala desa di dua desa tersebut meninggal dunia beberapa waktu lalu. 

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), G Gunardi menginstruksikan Pemerintah Kecamatan Cicurug mempersiapkan pemilihan agar kursi kekosongan di Desa Purwasari dan Caringin kembali terisi. 

Nantinya pemilihan Kepala Desa Purwasari dan Caringin ini menggunakan konsep Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW). PAW ini digunakan ketika pemilihan kepala desa yang dimana kepala desa sebelumnya meninggal dunia dan masa jabatannya belum selesai. 

BACA JUGA: TPU Astana Gunung Cicurug Penuh, 1 Liang Lahat Diisi 2 Jenazah

“Pada masa menunggu itu, camat mengusulkan pejabat sementara dari kecamatan yang tugasnya intinya mempersiapkan pelaksanaan PAW. Karena masa habisnya kepala desa tersebut itu 14 November saya sudah bilang kepada pak camat untuk mempersiapkan PAW,”  

Namun disisi lain Kabupaten Sukabumi akan menyongsong masa moratorium yang berlangsung pada 1 November 2023 hingga Desember 2024. Pada masa itu tidak diperbolehkan melaksanakan aklamasi secara serentak atau PAW.

“Ya ketentuannya gini yang pertama harus dilihat dulu, saya juga sudah sampaikan ke Pak Camat, bahwa moratorium akan berlakukan 1 november 2023 sampai Desember  2024, semalam itu di Kabupaten Sukabumi tidak ada serentak tidak ada paw,” terang Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi, G Gunardi kepada segimedia.id,  beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA: Dewa 19 Sukses Gelar 30 Tahun Berkarya di JIS, Baladewa: Ada Suka Dukanya

Gunardi menerangkan, pemilihan kepala desa bisa dilaksanakan ketika masa jabatan kepala desa yang meninggal itu sisa satu tahun. 

“Yang kedua dilihat dari sisa masa jabatan apakah sampai tanggal nanti pelaksana kades itu satu tahun atau kurang. Jika masih sisa satu tahun bisa paw, tapi kalau kurang tidak bisa,” ucapnya,” tandasnya. 

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur