/
/
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Beroperasi 2023, Berapa Harga Tiketnya?

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Beroperasi 2023, Berapa Harga Tiketnya?

Kereta Cepat Jakarta Bandung Siap Beroperasi 2023 Berapa Harga Tiketnya
Kereta Cepat Jakarta Bandung Siap Beroperasi 2023. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) direncanakan akan beroperasi pada pertengahan tahun 2023. Berapa harga tiket?

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengatakan bahwa sudah ada pembahasan mengenai penetapan untuk harga tiket KCJB. 

“Harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan menggunakan metode studi kelayakan, akan dihargakan Rp 350 ribu jarak terjauhnya,” ujar Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam rapat dengan Komisi VI DPR, Rabu (9/11/2022). 

Dalam hal ini, Dwiyana menuturkan terdapat beberapa pertimbangan mengenai harga tiket KCJB, setelah KCIC membahas proyeksi harga tiket tersebut dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

“Berdasarkan hasil konsultasi dengan Kemenhub, untuk harga tertinggi berada di angka Rp 250 ribu selama tiga tahun di masa awal. Setelah itu mungkin ada eskalasi harga,” tutur Dwiyana. 

BACA JUGA: Naik Kereta Cukup Pindai Wajah, PT KAI Siap Hadirkan Fasilitas Face Recognition di Stasiun

Meskipun begitu, Dwiyana mengharapkan dapat diterapkan diferensiasi tarif pada penetapan harga tiket KCJB dan tidak terlalu kaku. Seperti penjualan tiket pesawat atau kereta api jarak jauh KAI. 

Di lain tempat, Direktur Utama PT. KAI Didiek Hartantyo menerangkan hingga pekan kedua bulan Oktober 2022, untuk progres fisik dalam pembangunan KCJB sudah mencapai 97,51 persen. Sedangkan, progres penyerapan investasi sudah mencapai 90,60 persen dan rencananya, uji coba KCJB dapat dilakukan pada Juni 2023.

“Progres pembangunan fisik stasiun dan depo seperti Stasiun Halim 69,44 persen, Karawang 65,99 persen, Padalarang 9,75 persen, Tegalluar 81,77 persen, depo Tegalluar 52,65 persen,” terang Didiek. 

BACA JUGA: Ada Indonesia, Apa itu G20? Sejarah, dan Profil Anggotanya

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dan Presiden dari China Xi Jinping dijadwalkan akan menyaksikan langsung uji dinamis KCJB. Kegiatan itu dilakukan dalam rangkaian G20 Showcase. 

“16 November 2022 yang datang, akan kegiatan G20 showcase, dalam hal ini akan dilakukan uji dinamis dari Tegalluar sampai ke Cikopo,” ucap Didiek Hartantyo.

Uniknya dalam uji dinamis KCJB tersebut akan disaksikan langsung secara virtual di Bali oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping. Proses G20 showcase tersebut terus dilakukan persiapan, yakni kesiapan infrastruktur dari Tegalluar hingga Cikopo sepanjang 16 kilometer.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur