/
/
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Minta Amdal Lalin Pabrik Garment di Cidahu Dikaji Ulang

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Minta Amdal Lalin Pabrik Garment di Cidahu Dikaji Ulang

Kemacetan saat jam istirahat PT CBD di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara angkat bicara terkait polemik kemacetan di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi akibat kendaraan umum yang parkir di sekitaran pabrik menunggu karyawan bubar. 

Ia mengatakan, wajar kemacetan tidak dapat teratasi karena kondisi lalulintas di lokasi tersebut tidak teratur.

“Ini perlu ada solusi yang tepat, dan juga bagi pabrik yang jalannya kecil perlu adanya kesepahaman antara perusahaan dan pemerintah daerah untuk mengantisipasinya,” ujar Yudha saat dihubungi segimedia.id Kamis (18/01/2023). 

BACA JUGA : Amdal Lalin Semrawut, Kemacetan Cidahu Disebabkan Aktivitas Pabrik

Yudha menerangkan, mungkin salah satu yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah membangun mini terminal untuk mengakomodasi aktivitas kendaraan di lingkungan perusahaan tersebut. 

“Perlu dipikirkan adanya mini terminal yang harusnya difasilitasi oleh perusahaan, karena memang angkutan yang ngetem itu di bahu ruas jalan itu sehingga terjadi macet 2 sampai 3 kilometer,” terangnya

Menurut Yudha, kondisi bahu jalan sudah dipadati bangunan sehingga tidak mungkin untuk dilakukan pelebaran. Hal itu juga harus dipahami oleh pihak perusahaan dan menjadi pertimbangan dibangunnya mini terminal. 

“Saya kira itu harus dipahami oleh pihak perusahaan. Ini harus dibahas dengan duduk bersama,” katanya. 

Dalam hal Amdal Lalin di perusahaan tersebut, perlu dikaji ulang bersama Satuan Lalulintas Polres Sukabumi dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi. 

“Saya rasa perlu dipikirkan kembali Amdal Lalin oleh Dishub Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan Satlantas Polres Sukabumi untuk mencari jalan keluar skema apa yang harus dibikin sehingga kemacetan itu dapat diantisipasi atau diminimalisir,” ucapnya.

BACA JUGA : Pencarian Korban Hanyut di Kali Ciliwung Dihalangi Tumpukan Sampah

Sementara itu pihaknya akan melakukan pengawasan dengan datang ke perusahaan berasama komisi terkait. 

“Langkah DPRD akan melakukan pengawasan, kami memasukan dalam agenda untuk meninjau jalan tersebut bersama sama dengan komisi terkait. Saya rasa jika duduk bersama dengan semua pihak terkait permasalah ini akan ada jalan keluarnya,” tandasnya.

Berita ini dipublikasi, Segimedia.id sudah berupaya menghubungi pihak management PT Cipta Dwi Busana namun belum memberikan keterangan apapun.

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur