/
/
Ketua PSSI dan Dirut PT LIB Dituntut Ikut Terjerat oleh Terdakwa Tragedi Kanjuruhan

Ketua PSSI dan Dirut PT LIB Dituntut Ikut Terjerat oleh Terdakwa Tragedi Kanjuruhan

ketua pssi
Mobil K-9 yang rusak ketika kerushan di Stadion Kanjuruhan saat Arema Malang kalah dari Persibaya Surabaya. Credit: Istimewa.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Iwan Bule) dan Dirut Liga Indonesia Bersatu (LIB) dituntut Ketua Panpel Arema FC Abdul Haris untuk ikut dalam persidangan. 

Abdul menilai bahwa mereka memiliki tanggung jawab besar atas Tragedi Kanjuruhan. Hal itu disampaikannya ketika sidang dalam agenda pledoi atau pembelaan pada Jumat (11/02/2023) beberapa waktu lalu. 

Ia juga beranggapan dengan diseretnya Ketua Umum PSSI dan Direktur LIB berdasarkan aturan yang tercantum dalam Pasal 359 dan 390 KUHP. 

BACA JUGA: Meikarta Hanya Terjual 18 Ribu Unit, Komisi IV DPR RI Gebrak Meja!

“Saya mohon Ketua Umum PSSI dan Direktur LIB diadili,” ucap Abdul di ruang Cakra Pengadilan Negeri Surabaya. 

Abdul mengatakan dalam hal ini ia hanya sebagai relawan untuk menyukseskan penyelenggaraan pertandingan dengan baik. PT LIB dan PSSI layak persidangan karena sudah meraup keuntungan besar.

BACA JUGA: Sepak Bola, Olahraga semua Kalangan yang Dulunya Bernama “Tsu Chu”

“Keuntungan itu dari sponsorship dan hak siar, kami hanya tenaga pelengkap. Pertandingan ini hanya hiburan masyarakat,” tuturnya. 

Abdul Haris ditetapkan sebagai terdakwa Tragedi Kanjuruhan dan dituntut 6 tahun 8 bulan penjara. Jaksa menuntut itu berdasarkan kelalaian yang menyebabkan mati atau luka-luka.

Syahrul

Redaktur

Syahrul

Redaktur