/
/
Kilas Awal Premier League, Hanya 6 Klub yang Berhasil Menjuarai Liga Ini

Kilas Awal Premier League, Hanya 6 Klub yang Berhasil Menjuarai Liga Ini

Kilas Awal Premier League, Hanya 6 Klub yang Berhasil Menjuarai Liga Ini
Manchester United juara Premier League 1992. Credit: Premierleague.com

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Premier League alias Liga Primer Inggris sering dicap oleh publik sebagai kompetisi terketat di dunia. Tak heran jika seluruh mata penikmat sepak bola terkena magnet agar tidak melewatkan sedikitpun pertandingan setiap minggunya.

Kejutan demi kejutan pun kerap terjadi di setiap pekannya terkait hasil akhir pertandingan. Seluruh tim yang tampil di Premier League selalu bertanding habis-habisan guna meraup poin penuh. Maka dari itu, tidak ada jaminan selalu menang bagi tim-tim unggulan saat melawan klub medioker.

20 Februari kemarin tepatnya tahun 1992, liga kasta tertinggi Inggris dibentuk dengan nama Premier League. Sebenarnya, kompetisi Liga Inggris sudah lama bergulir sejak tahun 1888 bernama Football League First Division atau Divisi Utama. Dimana pada awal bergulir hanya berisi 12 tim saja dan Preston North End sukses menjadi juara pertama dalam sejarah Liga Inggris.

preston
Preston North End klub pertama yang menjuarai Liga Inggris. Credit: Istimewa

Seiring dengan banyaknya minat dari klub lain untuk mendaftar, diterapkannya sistem dua divisi. Hingga akhirnya Di tahun 1924, total 88 klub yang terdaftar di Football League dan menjadikan liga tersebut menjadi 4 divisi. Namun sayang di awal hingga pertengahan tahun 1900-an, menjadi titik kemunduran bagi persepakbolaan Inggris, mulai dari kekerasan suporter hingga hukuman dari UEFA.

BACA JUGA: Sepak Bola, Olahraga semua Kalangan yang Dulunya Bernama “Tsu Chu”

Puncaknya 1991-1992, 22 klub teratas Inggris memutuskan untuk membentuk liga sendiri yaitu Premier League, akibat dari gagalnya mencapai kesepakatan penghasilan dari hak siar dan sponsor dengan Football League. 

Liga baru pun dimulai pada musim panas 1992 dengan keikutsertaan 22 klub. Dimana semua tim mendapatkan keuntungan finansial yang cukup besar dari hak siar seperti TV Sky Sports dan sponsor lain. Premier League hingga saat ini pun, dianggap sebagai liga yang punya kemandirian dari sisi konstitusional dan komersial, serta setiap klub diberi hak suara setara di liga ini.

Melihat kemajuan Premier League secara signifikan, klub dari divisi pertama Football League berbondong-bondong mendaftar. Liga yang terdiri dari 4 divisi (First Division, Second Division, Third Division, Fourth Division) tersebut pada akhirnya, berada di bawah kasta Premier League. 

BACA JUGA: 5 Jenis Parenting yang Harus Dipahami Orang Tua Modern

brian-1024x576
Gol dari Brian Deane, saat Sheffield United berhasil menaklukkan Manchester United. Credit: Istimewa

Gol dari Brian Deane menjadi gol pertama sekaligus pembuka di ajang Premier League, dimana Sheffield United berhasil menaklukkan Manchester United dengan skor 2-1. kekalahan Manchester United di awal, akhirnya berbuah manis keluar sebagai juara di musim pertama bergulirnya Premier League 1992-1993. 

40 klub yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi Premier League sampai saat ini, hanya ada 6 klub saja yang sudah mencicipi juara Premier League yaitu Arsenal 3 kali, Blackburn Rovers 1 kali, Chelsea 5 kali, Leicester City 1 kali, Liverpool 1 kali, Manchester City 6 kali dan Manchester United sebanyak 13.

Dewasa ini Liga Premier Inggris atau Premier League, menjadi liga terpopuler dan paling banyak ditonton di dunia. Disiarkan di seluruh 212 wilayah hingga 643 juta rumah dengan potensial mencapai 4,7 miliar orang.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur