/
/
KUHP Larangan Seks di Luar Nikah Jadi Bahan Tertawaan Warganet Hingga Komika di Amerika

KUHP Larangan Seks di Luar Nikah Jadi Bahan Tertawaan Warganet Hingga Komika di Amerika

KUHP Larangan Seks di Luar Nikah Jadi Bahan Tertawaan Warganet Hingga Komika di Amerika
KUHP dibahas dalam acara The Daily Show with Trevor Noah. Credit: twitter

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

PengesahanĀ KUHP tak hanya memancing perhatian masyarakat Indonesia.

Media luar negeri seperti pembawa acara sekaligus komika Afrika-Amerika, Trevor Noah, pun turut menyoroti undang-undang yang disahkan melalui rapat paripurna DPR, Rabu (09/11/2022).

Trevor Noah saat membawakan acara The Daily Show with Trevor Noah, menyindir soal aturan tersebut tentang hubungan seks di luar nikah yang tercantum di KUHP Indonesia terbaru.

Dalam shownya ia menyisihkan satu materi komedinya, tentang pemberitaan soal pengesahan KUHP.

“Oh berita internasional. Pemerintah Indonesia baru saja mengesahkan pelarangan seks di luar nikah, dengan hukuman satu tahun penjara,” ujar Trevor Noah saat membacakan beritanya.

The Daily Show with Trevor Noah
KUHP “Ini akan memicu pembicaraan yang aneh di penjara-penjara Indonesia” The Daily Show with Trevor Noah. Credit: Twitter

Pada saat itulah Trevor Noah membumbui beritanya tersebut dengan materi komedi yang kerap memuat sarkasme.

BACA JUGA: Awas Penipuan Cek Resi Format APK Berkedok J&T, Warganet: Ini Backdoor Namanya

“Ini akan memicu pembicaraan yang aneh di penjara-penjara Indonesia,” kata Trevor Noah langsung disambut dengan tawa penonton.

“Para narapidana di sel akan menyebutkan bahwa ‘gue di sini karena ngebunuh orang, terus lo kenapa masuk sini?’,” katanya sambil memperagakan tahanan di dalam penjara.

“Gara-gara tadi malam seperti biasanya (yang dilakukan) dengan Jason,” tutup Trevor Noah dengan mencoba menirukan sosok yang dipenjara diduga karena melanggar KUHP tentang seks di luar nikah.

Punchline yang dikeluar oleh Trevor Noah di akhir pembacaan berita langsung mengundang gelak tawa para penonton di studio.

Cuplikan dari acara The Daily Show with Trevor Noah tersebut banyak menuai berbagai reaksi dan komentar dari pengguna Twitter.

BACA JUGA: Penyebab Hayu Festival Gagal Digelar, Penonton Ancam Polisikan Event Organisasi

 

 

 

Salah satu pasal KUHP terbaru yang menuai kontroversi adalah soal aturan kumpul kebo dan seks di luar pernikahan. Pelaku bisa dipidana penjara selama 1 tahun.

KUHP ini ikut mengatur ketentuan hubungan seks di luar pernikahan. Ketentuan itu diatur dalam Pasal 413 ayat (1) bagian keempat tentang Perzinaan. Dalam beleid tersebut, orang yang melakukan hubungan seks di luar pernikahan dapat diancam pidana penjara satu tahun.

2022-12-06_Pengesahan_RUU_KUHP
RUU KUHP disahkan menjadi undang-undang dalam sidang paripurna DPR. Credit: Istmewa

Pasal 413 ayat 1 berbunyi “Setiap Orang yang melakukan persetubuhan dengan orang (lain) yang bukan suami atau istrinya dapat dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau pidana denda paling banyak kategori II,” Dilansir dari Suara.

Ancaman tersebut baru bisa berlaku jika ada pihak yang mengadukan atau dengan kata lain delik aduan. Aturan itu mengatur untuk pihak yang dapat mengadukan yaitu suami ataupun istri bagi orang yang terikat dengan perkawinan. Lalu, bisa juga orang tua atau anaknya bagi orang yang tidak terikat perkawinan.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur