/
/
Lakukanlah 7 Pola Hidup Sehat ini Agar Hidup Berkualitas

Lakukanlah 7 Pola Hidup Sehat ini Agar Hidup Berkualitas

pola hidup sehat
ilustrasi pola hidup sehat. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pola hidup sehat dewasa ini sangatlah penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena akan memberikan banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh. Tidak hanya itu, membiasakan hidup sehat, baik secara fisik maupun mental adalah kunci baiknya kualitas hidup serta bisa memperpanjang usia.

Pada tahun 2020, lewat survei yang dilakukan Herbalife Nutrition bertajuk Diet Decisions Survey, tercatat sebanyak 79 persen responden Indonesia, setuju untuk mengubah pola gaya hidup ke arah yang lebih baik. Survei ini dilakukan di delapan negara Asia Pasifik, yang melibatkan 8.000 konsumen.

Namun, mayoritas masyarakat Indonesia ketika diminta menjalankan pola hidup sehat, belum tentu bisa menjalaninya dengan baik. Mereka beranggapan kebiasaan tersebut sulit dijalani serta tidak menyenangkan.

Rutinitas gaya hidup tidak sehat akan berdampak pada daya tahan tubuh, hingga menyebabkan serangan berbagai penyakit. Hal tersebut berpengaruh terhadap pola makan, jam tidur, dan juga menyebabkan stres. Oleh karena itu, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan jauh dari masalah kesehatan.

BACA JUGA: 7 Cara Merawat Gadget Kalian Agar Tetap Awet, Salah Satunya Harus Kosongkan Batrai

Bagaimana cara pola hidup sehat? Berikut beberapa kiat sederhana dalam memulai pola hidup sehat agar mendapatkan hidup yang berkualitas.

 

1. Bijak dalam memilih makanan

Bijak dalam memilih makanan
llustrasi makanan sehat. Credit: Istimewa

Pentingnya untuk memperhatikan setiap makanan yang kalian konsumsi setiap hari demi mewujudkan pola hidup sehat. Ini bisa mempengaruhi bagaimana tubuh bekerja.

Asupan harus memenuhi prinsip gizi seimbang seperti cukupnya karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Porsi makan pun harus diperhatikan untuk mencegah kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. Yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.

Tidak hanya digoreng cara pengolahannya pun harus diperhatikan. Direbus, dikukus, atau ditumis adalah cara pengolahan makanan yang lebih sehat. Disarankan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

2. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih
Ilustrasi air putih. Credit: Istimewa

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, disarankan minum air putih setidaknya 6–8 gelas setiap harinya. Karena, sekitar 60% dari komposisi tubuh manusia adalah air. 

Jika cairan tubuh tersebut terpenuhi, maka dapat menjaga fungsi seluruh organ dan mencegahnya dehidrasi. Inilah mengapa penting untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh.

BACA JUGA: 5 Tanda Lingkungan Kerja dengan Budaya Toxic, Wajib Tahu!

3. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga
Ilustrasi Olahraga. Credit: Istimewa

Cara pola hidup sehat yang seringkali dilewatkan adalah berolahraga. Kegiatan olahraga tidak hanya jogging atau mengangkat alat berat di tempat fitness. Pentingnya kegiatan ini untuk membuat peredaran darah menjadi lancar dan menguatkan otot serta tulang.

Pakar kesehatan menyarankan setiap orang untuk berolahraga minimal 150 menit tiap minggunya. Berjalan kaki atau naik-turun tangga bisa kalian lakukan, yang terpenting adalah buat tubuh supaya bergerak aktif setiap hari.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup
Ilustrasi tidur Credit: Istimewa

Semua aktivitas hidup sehat seperti makan makanan bernutrisi, mencukupi cairan tubuh dan rajin berolahraga, akan sia-sia jika pola tidur kalian tidak terpenuhi. Istirahat yang cukup seperti tidur 7–8 jam setiap malamnya merupakan kunci menjalankan pola hidup sehat.

Pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California yakni Cheri Mah, mengklaim bahwa tidur adalah kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat. Karena ini bentuk sebuah pondasi untuk pikiran dan tubuh yang sehat.

5. Jauhi kebiasaan buruk

Jauhi kebiasaan buruk
Ilustrasi rokok dan minuman alkohol Credit: Istimewa

Merokok dan minum minuman beralkohol harus perlahan dikurangi, yang paling tepat adalah berhenti. Kebiasaan buruk ini sangat membahayakan dan menyebabkan beragam penyakit seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung, dan stroke.

Asupan gula pun harus dikurangi bahkan dihindari, jika terlalu sering dan banyak akan dapat memicu diabetes. Penyakit ini adalah gerbang datangnya penyakit kronis ke tubuh kalian.

6. Kelola stress

Kelola stress
Ilustrasi stress. Credit: Istimewa

Beban hidup dan banyaknya pikiran terkadang mendatangkan stres, dan sulit untuk dihindari. Gejalanya bisa seperti sakit kepala, sakit perut, meningkat tekanan darah dan susah tidur.

Jika gejala stres datang, kalian bisa meluangkan waktu untuk rileks ataupun melakukan kegiatan hobi kalian seperti menonton film, membaca buka atau lainnya. Yang terpenting adalah membuat diri kalian senyaman mungkin agar jiwa kalian lebih tenang.

7. Periksa kondisi kesehatan secara rutin

Ilustrasi rutin periksa kesehatan. Credit: Istimewa

Lakukanlah pemeriksaan kesehatan tubuh kalian secara rutin ke dokter untuk mengetahui keseluruhan kondisi tubuh. Pemeriksaan ini, bisa jadi untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit yang diderita.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur