/
/
Libur Nataru, Ruas Jalan Kawasan Puncak Akan Terapkan Rekayasa Buka Tutup Jalur

Libur Nataru, Ruas Jalan Kawasan Puncak Akan Terapkan Rekayasa Buka Tutup Jalur

Libur Nataru, Ruas Jalan Kawasan Puncak Akan Terapkan Rekayasa Buka Tutup Jalur
Ilustrasi jalur Puncak dengan sistem buka tutup jalur. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Jumlah kendaraan menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023 (libur Nataru), di ruas jalan menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, meningkat. Kepadatan lalu lintas tersebut, terlihat ramai pada Selasa, 20 Desember 2022 kemarin. 

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ketut Lasswarjana dalam pemantauannya mengatakan, peningkatan volume kendaraan hanya terjadi pada pagi hari. Dia juga menambahkan bahwa salah satu faktor kawasan Puncak mulai ramai dikunjungi wisatawan adalah musim liburnya anak-anak sekolah.

“Betul, mulai hari Selasa kemarin sudah ada peningkatan arus kendaraan menuju arah Puncak,” ujar Ketut.

BACA JUGA: Trofi Piala Dunia 2 Kali Dicuri, Inilah Fakta Menariknya

Ketut menjelaskan bahwa pihaknya Polres Bogor, sudah mengerahkan anggota untuk mengatur lalu lintas di sejumlah titik jalur Puncak dan di tempat wisata sekitar Bogor.

“Melihat dari potensi kepadatan yang akan timbul, kami sudah menetapkan plotting-an untuk penugasan anggota. Apalagi khusus di jalur-jalur menuju destinasi wisata, baik itu di wilayah Puncak, Sentul dan Bogor barat juga, ,” ujarnya

Dari sumber yang dihimpun, Polres Bogor telah menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas, dan 1.200 personel akan disiagakan untuk memastikan kelancaran menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, khususnya kawasan Puncak. Skema yang akan diterapkan di antaranya, penerapan sistem satu arah atau one way, ganjil genap, dan pengalihan arus lalu lintas.

BACA JUGA: Jalur Cikidang Ditutup saat Libur Tahun Baru, Bila Terjadi Kemacetan di Tanjakan Leter S

Skema rekayasa lalu lintas tersebut sesuai dengan kebijakan peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2021. 

Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar Polisi Iman Imanuddin, mengatakan sudah ada persiapan dalam rekayasa lalu lintas untuk menghadapi perayaan malam tahun baru di kawasan Puncak. Yang sudah biasa dilakukan salah satunya adalah sistem buka tutup jalur.

“Ini sudah dipersiapkan (buka tutup jalur), dalam perayaan malam tahun baru. Dan untuk personil yang berjaga di sejumlah titik ada 80 personel pada hari kerja, 120 personel saat hari libur” tegas Iman.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur