/
/
Liga 1 Musim 2022/2023 Resmi Kembali Digelar

Liga 1 Musim 2022/2023 Resmi Kembali Digelar

Liga 1 Musim 2022:2023 Resmi Kembali Digelar
Liga 1 akhirnya resmi digelar kembali setalah Tragedi Kanjuruhan. Credit: Rifkianto Nugroho/detikcom

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pemerintah secara resmi memberikan izin untuk berlangsungnya kembali Liga 1, 2 dan 3 Indonesia musim 2022-2023.

Dalam pertandingan pemerintah memberikan syarat yakni tanpa penonton di stadion. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, dalam keputusan yang dilakukan tersebut bukan karena ada desakan dari pihak tertentu.

“Ini bukan desakan dari siapa siapa, juga bukan desakan PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia), dari LIB (Liga Indonesia Baru) atau apapun itu,” tegas Mahfud dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Senin (5/12/2022).

Digelarnya kembalinya Liga 1 untuk menyelesaikan sisa pertandingan dan Mahfud MD memastikan keputusan ini untuk mendukung kemajuan sepak bola nasional.

“Intinya kita selesaikan sisa-sisa agenda yang ini, yang sekarang tersisa ini kan untuk menyongsong masa depan persepakbolaan nasional. Ini karena untuk kepentingan persepakbolaan kita secara nasional, dan kita akan memperbaikinya,” kata Mahfud.

BACA JUGA: Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dengan FIFA: Stadion Kanjuruhan akan Dirobohkan

Pernyataan itu disampaikan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (5/12), setelah melakukan rapat bersama Menpora Zainudin Amali dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menegaskan bahwa pihaknya bersama jajaran akan selalu mendukung pelaksanaan kompetisi sepak bola Indonesia, demi prestasi mengharumkan nama bangsa.

Pasca Peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Polri yang menjadi bagian dari Gugus Tugas Transformasi dalam Sepak Bola Indonesia, juga merumuskan sebuah regulasi yaitu Peraturan Polri Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Regulasi tersebut ditetapkan oleh Kapolri pada 28 Oktober 2022 lalu dan diundangkan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada 4 November 2022.

BACA JUGA: Laga Super Derby Jawa Timur Arema FC vs Persebaya Surabaya Ricuh Tewaskan 182 Orang

“Di dalam itu (peraturan) mengatur soal pengamanan sepak bola, evaluasi, perizinan, metode serta rangkaian pengamanan baik sebelum, saat dan setelah pertandingan. Penyesuaiannya diperjelas dengan aturan FIFA, termasuk penggunaan gas air mata. Dalam hal ini, sesuai dengan kesepakatan, Polri mendukung untuk menyelesaikan sisa kompetisi yang ada,” ujar Kapolri.

Seperti yang kita ketahui, Liga 1 sempat terhenti karena terjadinya tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang, awal Oktober 2022. Peristiwa tersebut menewaskan 135 orang dan melukai ratusan orang.

Lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023 pada Senin (5/12/2022) kembali digulirkan. Ada pertandingan PSIS Semarang yang berhasil mengalahkan Madura United 3-0. Sementara di laga lain, Bhayangkara FC berhasil menumbangkan PSS Sleman 3-1 dan dalam lanjutan Liga 1 musim ini PSM Makassar membungkam Persikabo 1973 dengan skor 2-0.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur