/
/
Menelan Anggaran Besar, Kadis DP3A Kabupaten Sukabumi Menyayangkan P2WKSS Desa Girijaya Tidak Optimal

Menelan Anggaran Besar, Kadis DP3A Kabupaten Sukabumi Menyayangkan P2WKSS Desa Girijaya Tidak Optimal

dp3a
Salah satu tempat di P2WKSS Desa Girijaya yang terbengkalai. Dulu di tempat tersebut banyak dihiasi bergamai macam taman hasil warga, sekarang sudah tidak terlihat. Credit: Syahrul Himawa/ Segi Media.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Eki Radiana buka suara terkait Program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi belum optimal. 

DP3A berharap pihak Pemerintah Desa (Pemdes) dan seluruh masyarakat dengan bantuan pembinaan dari kecamatan setempat sehingga pola keberlanjutan dari program P2WKSS ini dapat berjalan,” ujarnya saat dihubungi segimedia.id Senin (20/02/2023). 

Eki menerangkan bahwa  pembentukan P2WKSS di desa tersebut sudah menghabiskan dana sangat besar yang berasal dari stakeholder. Maka dari itu Pemdes Girijaya bertanggung jawab memelihara dan mengembangkannya. 

BACA JUGA: Apa yang Dicontoh Dari Desa Girijaya, Cidahu Setelah Dapatkan Program P2WKSS ?

“Adapun untuk pemeliharaan, pengembangan program selanjutnya, pasca selesainya program P2WKSS diserahkan kepada Pemdes dan seluruh masyarakatnya. Dana dari stakeholder yang masuk ke Pemdes sangat besar. Jadi sayang sekali kalau tidak dipelihara, dan dikembangkan oleh warga desanya,” ucapnya. 

Eki menjelaskan bahwa P2WKSS ini merupakan program yang pelaksanaannya dilakukan pada desa yang berpotensi. Pelaksanaannya juga dilakukan selama satu tahun anggaran dengan dukungan dan kolaborasi antara semua stakeholder terkait. 

BACA JUGA: 5 Film Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi Versi IMDb

“P2WKSS merupakan program yang dilaksanakan di Desa yang terpilih, selama satu tahun anggaran. Pelaksanaan program P2WKSS, didukung atas kolaborasi dan sinergitas oleh semua stakeholder terkait (penta helix), yang terdiri dari Perangkat Daerah, TP PKK, DWP Kabupaten Sukabumi, Dunia Usaha, Akademisi dan Media,” tandasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Kepala Desa Girijaya Dindin Saripudin mengakui bahwa P2WKSS yang dilaksanakan di desanya tidak berjalan optimal. Ia menilai terbengkalainya program tersebut lantara kurang perhatiannya dari warga. 

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur