/
/
Mengapa Pengguna Iphone Kebal dari Modus Penipuan “Cek Resi”? Begini Alasannya

Mengapa Pengguna Iphone Kebal dari Modus Penipuan “Cek Resi”? Begini Alasannya

Mengapa Pengguna Iphone Kebal dari Modus Penipuan Cek Resi? Begini Alasannya
Iphone Kebal dari Modus Penipuan Cek Resi. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Perkembangan teknologi mendorong maraknya modus penipuan online menjadi lebih beragam. Akhir-akhir ini, penikmat media sosial dihebohkan dengan modus penipuan baru secara online, yang bisa menguras saldo m-banking dalam waktu singkat.

Modus penipuan online ini dilakukan pelaku dengan cara mengaku sebagai kurir ekspedisi palsu dan meminta penerima paket agar membuka file .apk ‘Cek Resi’ yang dikirim via WhatsApp oleh sang oknum kepada calon korban.

BACA JUGA: Awas Penipuan Cek Resi Format APK Berkedok J&T, Warganet: Ini Backdoor Namanya

File APK tersebut sebenarnya mengandung aplikasi yang berbahaya dan memungkinkan pelaku untuk mengakses data penting pengguna atau calon korban yang menginstalnya. pelaku memanfaatkan aplikasi berbahaya ini untuk dapat membaca data penting pengguna yang tersimpan di smartphone pengguna. Sehingga pelaku bisa mengakses SMS, Wi-FI, data fingerprint, bluetooth, hingga mengetahui akun dan password M-banking calon korban.

Tetapi, trik penipuan online seperti itu justru tidak mempan bagi para pengguna iPhone. Pasalnya Smartphone asal Amerika Serikat ini hanya mengizinkan segala aplikasi yang akan di install maupun yang sudah terinstall melalui toko resmi mereka yaitu App Store. Canggihnya, App Store tidak mengizinkan aplikasi mencurigakan untuk di-install di perangkat iphone. 

BACA JUGA: KUHP Larangan Seks di Luar Nikah Jadi Bahan Tertawaan Warganet Hingga Komika di Amerika

Cara ini digunakan Apple agar menjamin para penggunanya terhindar dari virus dan menjamin keamanan dari aplikasi yang sudah tertanam di iPhone. Tidak hanya itu, penggunanya akan mendapatkan proses verifikasi yang tepat dari tim keamanan Apple, karena sudah dikurasi dan melewati proses verifikasi ketat. 

App Tracking Transparency pun menjadi salah satu kunci dari transparansi data pengguna yang dikumpulkan oleh sang developer aplikasi. Dari segala sistem keamanan itulah iPhone dapat dikatakan kebal dari modus penipuan online oknum kurir tersebut. Oleh karena itu, oknum penipuan tersebut hanya menargetkan calon korban yang menggunakan perangkat Android saja.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur