/
/
‘Notes’ Fitur Anyar Instagram yang Lagi Tren, Didapuk Untuk Saingi Twitter

‘Notes’ Fitur Anyar Instagram yang Lagi Tren, Didapuk Untuk Saingi Twitter

Notes, Fitur Anyar Instagram yang Lagi Tren Didapuk Untuk Saingi Twitter
Instagram rilis fitur terbaru. Credit: Meta

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Instagram merilis sejumlah fitur anyar yang dirancang untuk membantu penggunanya terhubung dengan lebih banyak orang. Fitur-fitur yang diluncurkan tersebut adalah Notes, Candid Stories, dan Group Profiles.

Notes sendiri merupakan fitur yang dirancang Meta untuk pertimbangkan menjadi pesaing Twitter. Fitur ini memberikan kepada pengguna Instagram untuk memposting pembaruan status singkat sebagai conversation starter hingga 60 karakter.

Bahkan, Notes yang berada dalam Direct Message Instagram, sudah menyertakan emoji untuk menambah interaktif ketika berkomunikasi. Fitur tersebut hanya dapat dilihat untuk akun yang saling mengikuti, dan pengguna bisa membalasnya update akun yang diikuti. 

notes ig
Fitur Notes Instagram. Credit: Meta

Fitur terbaru Notes ini hanya muncul dalam bentuk bubbles di DM Instagram selama 24 jam dan tidak akan terlihat di feed, seperti yang dilansir dari The Verge, Rabu (14/12/2022).

BACA JUGA: Mengapa Pengguna Iphone Kebal dari Modus Penipuan “Cek Resi”? Begini Alasannya

Tentu ini langkah yang menarik dilakukan Meta khususnya Instagram, mengingat setelah Twitter dikuasai Elon Musk para penggunanya mulai mencari alternatif platform media sosial yang sejenis. Fitur Notes yang terdapat di Instagram memungkinkan pengguna menulis apa yang terlintas di pikirannya secara cepat. Instagram tampaknya tidak ingin melepas kesempatan ini, karena platform media sosial baru yang berhasil menarik minat pengguna Twitter, adalah Mastodon.

Selain fitur Notes Instagram juga memperkenalkan fitur Candid Stories. Fitur ini sekilas mirip seperti aplikasi BeReal yang sedang populer. Dalam fitur tersebut pengguna bisa membagikan hasil foto yang diambil, dengan menggunakan kamera belakang dan kamera depan secara bersamaan.

candid ig
Fitur Candid Stories Instagram. Credit: Meta

Instagram memberikan notifikasi pengingat bagi pengguna untuk mengunggah konten Candidnya. Konten ini pun akan muncul di potongan Stories pada bagian atas aplikasi Instagram. Hampir sama dengan fitur Notes, unggahan konten hanya bisa dilihat oleh pengguna lain yang sudah mengunggah konten Candid-nya sendiri.

Pihak pengembang dari Instagram memang sudah menguji coba fitur ini sejak beberapa bulan kebelakang dengan nama ‘Candid Challenge’. Saat ini fitur Candid Stories akan diluncurkan untuk uji coba di Afrika Selatan dan bertahap secara global.

BACA JUGA: Tarif KRL Bakal Naik Awal Tahun Depan 2023

Terakhir dari Instagram ada fitur Group Profiles, sesuai namanya fitur ini memungkinkan beberapa pengguna untuk posting konten lewat satu akun. Untuk konten yang dishare pada Group Profile, hanya bisa dilihat oleh anggota grup saja, dan tidak bisa dibagikan ke semua followers.

grouxp ig
Fitur Group Profiles Instagram. Credit: Meta

Untuk membuat Group Profile baru pengguna hanya mengetuk ikon Plus dan pilih opsi Group Profiles saja. Namun, fitur ini dalam tahap uji coba di Kanada, Chile, dan Taiwan.

Instagram juga merilis fitur Collaborative Collections yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan konten dari feed ke koleksi kolaboratif di dalam grup atau DM one-on-one. Pengguna bisa menambahkan konten ke dalam Collaborative Collections dengan menyimpan postingan langsung dari feed atau dibagikan ke teman via DM dan disimpan dari situ.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur