/
/
Pemprov DKI Akan Sikapi Pemecatan 187 Karyawan Shopee

Pemprov DKI Akan Sikapi Pemecatan 187 Karyawan Shopee

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sebanyak 187 karyawan perusahaan e-commerce Shopee mengalami pemecatan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Disinyalir proses PHK yang dilakukan perusahan tersebut secara mendadak dan tidak diberitahu selama tujuh hari kerja.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah berencana akan mengakomodir para pegawai yang terkena PHK untuk diperjuangkan haknya.

Langkah yang harus dilakukan para pegawai saat ini, adalah datang dan melaporkan kronologi kejadian PHK kepadanya.

“Dari hal itu kita bisa melakukan pencatatan berdasarkan keterangan pelapor seperti apa perselisihan ini,” terangnya kepada wartawan, Selasa (20/9/2022).

Ia menerangkan dengan adanya pencatatan itu bisa dijadikan dasar untuk pihaknya menyikapi sengketa perusahaan dan karyawan.

Ketika Dinas Tenaga Kerja sudah mendapatkan laporan, akan mengadakan mediasi antara kedua belah pihak hingga mendapatkan jalan terbaik.

“Syukur-syukur dengan mediasi itu tidak ada PHK. Mediasi dulu, kita upayakan selesaikan dengan cara kekeluargaan,” katanya.

Namun, Andri mengatakan sejauh ini belum ada satu pun laporan atas PHK yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Ia juga menyarankan untuk pelaporan dilakukan satu pintu.

” Saya memahami ada beberapa karyawan yang tidak memiliki keberanian untuk melaporkan, bisa juga melapor melalui kelompok serikat pekerja di perusahaan tersebut,” ucapanya.

No data was found
No data was found