/
/
Peringatan Bulan K3 di PT AIO, Menaker: TBC dan Kecelakaan Kerja Meninggkat

Peringatan Bulan K3 di PT AIO, Menaker: TBC dan Kecelakaan Kerja Meninggkat

k3
Peringatan Bulan K3 dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri di PT. Amerta Indah Otsuka (AIO), Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (12/1/2023). Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Peringatan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional tahun 2023 resmi dicanangkan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dan dihadiri oleh Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri. Peringatan bulan K3 itu dilaksanakan Kementerian Ketenagakerjaan mulai 12 Januari hingga 12 Februari 2023. 

Dalam peringatan Bulan K3 yang dilaksanakan di PT. Amerta Indah Otsuka (AIO), Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (12/1/2023), Ida Fauziyah mengatakan, guna mendukung dalam keberlangsungan usaha di setiap tempat kerja, acara ini menjadi momentum akan pentingnya keselamatan dan kesehatan serta menjadi prioritas dalam dunia kerja.

“Peringatan ini (K3) menjadi momentum dan penting, guna terciptanya tempat kerja yang aman efisien dan produktif,” Kata Ida Fauziyah dalam sambutannya di acara peringatan Bulan K3, di PT. Amerta Indah Otsuka (AIO), Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (12/1/2023).

k33
Peringatan Bulan K3 dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di PT. Amerta Indah Otsuka (AIO), Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (12/1/2023). Credit: Istimewa

Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak hanya didukung oleh regulasi yang baik. Yang terpenting adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan. Khususnya budaya K3 karena bisa mengurangi resiko kecelakan kerja atau penyakit akibat kerja.

BACA JUGA : 5 Hari Menjabat Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede Tandang ke Tokoh Agama Cicurug

“Karena hal ini seringkali luput dalam benak kita. Bahwa nikmat selamat dan sehat dapat menghindarkan kita dari risiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja dengan melalui penerapan budaya K3 yang baik. Yang pada akhirnya akan terwujudnya pekerjaan layak,” ucap Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Dalam dunia pekerjaan yang layak dapat dikatakan 3 kondisi, yakni tersedianya bagi semua orang pada usia produktif tanpa kecuali, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, serta tanpa hambatan gender. Selanjutnya, semua pekerja terlindungi secara sosial, termasuk mereka yang terlibat dalam kegiatan ekonomi informal. Terakhir adalah semua para pekerja harus tersalurkan suara dan aspirasinya, melalui sistem dialog sosial yang berharkat secara kemanusiaan.

Dalam peringatan Bulan K3, Ida Fauziyah mengutarakan, berdasarkan pada Laporan Tahunan BPJS Ketenagakerjaan 3 tahun terakhir, jumlah kecelakaan kerja terus meningkat, termasuk diantaranya penyakit akibat kerja (PAK). Salah satu fokus yang diangkat Kemnaker adalah penanganan penyakit tuberkulosis (TBC) di tempat kerja.

BACA JUGA :Kalah di Festival Durian Lokal, Kontestan Laporkan Panitia ke Polres Sukabumi

“Pada tahun 2020 angka kecelakaan kerja berjumlah 221.740 kasus, pada 2021 angka kecelakaan kerja meningkat menjadi 234.370, sedangkan yang terbaru pada tahun 2022 ini sampai bulan November jumlah kecelakaan kerja tercatat sebesar 265.334,” ujar Ida Fauziyah.

Berdasarkan data tersebut pihak pemerintah dalam hal ini Kemnaker, mengajak pada pengurus perusahaan agar menjadi perhatian dan prioritas untuk menerapkan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

k31
Peringatan Bulan K3 dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di PT. Amerta Indah Otsuka (AIO), Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (12/1/2023). Credit: Istimewa

Ida juga mengajak kepada seluruh stakeholders ketenagakerjaan untuk turut mencegah dan menanggulangi TBC di tempat kerja. Karena dalam peringatan ini penyakit TBC menjadi salah satu fokus yang harus diperhatikan. Kemnaker menjadi salah satu Lembaga yang dimandati dalam penanggulangan TBC di tempat kerja. hal ini tertuang dalam Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja.

Salah satu wujud serius dari Kemnaker adalah meluncurkan Aplikasi Sembuh TBC, dan bentuk komitmen stakeholders dalam menanggulangi TBC di tempat kerja. Ida mengharapkan dalam peluncuran aplikasi tersebut bisa memaksimalkan penyembuhan bagi para penderitanya.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur