/
/
Pertunjukan Teater Karya Achmad Dayari Berjudul “Tineung” Segera Dipamerkan, Ini Jadwalnya

Pertunjukan Teater Karya Achmad Dayari Berjudul “Tineung” Segera Dipamerkan, Ini Jadwalnya

Teater Pabrik saat latihan untuk penampilan "Tineung" di Rumah Mesta, Kota Sukabumi. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sutradara asal Sukabumi, Achmad Dayari dalam waktu dekat akan menampilkan karya terbarunya yang berjudul “Tineung” dengan dikemas menjadi pertunjukan teater. 

Pertunjukan teater ini tercetus melaui Komunitas Teater Pabrik  yang dibentuk oleh pria yang  akrab disapa Kang Aday.  Rencananya akan dipertontonkan pada tanggal 26 hingga 27 November 2022 mendatang di Rumah Mesra Kota Sukabumi. 

 menerangkan bahwa cerita Tineung diadaptasi dari cerita sebuah lagu karya Mang Koko yang berjudul “Kembang Tanjung Panineungan”.

Lagu “Kembang Tanjung Panineungan” merupakan tentang kawih sunda yang terdiri dari puisi dalam bentuk sajak bebas yang diiringi oleh alat musik dan tidak terikat oleh aturan. 

BACA JUGA: Kilas Balik Jakarta Pop Alternative Festival 1996, Foo Fighters, Sonic Youth dan Beastie Boys

“Kami ingin mengeksplorasi kawih sunda. Selama ini sedikit sekali teater yang menggarap dari cerita itu,” terangnya kepada segimedia.id Selasa (22/11/2022). 

Aday menjelaskan lagu karya Mang Koko itu bercerita dari latar belakang seorang pria pada masa perjuangan yang gugur di medan pertempuran melawan gerombolan. Gugurnya pria tersebut membuat sang istri sedih. 

Informasi lebih lengkap

“Saya ingin mengajak teman-teman kilas balik pada cerita yang pada lagu itu. Ada perjuangan dan kisah romansa. Semoga kegiatan ini bisa berjalan sukses sehingga dapat diapresiasi dan dinikmati masyarakat Sukabumi,” ucapnya. 

BACA JUGA: Lomba Sihir Menebarkan “Pesona” di Single Terbarunya

Sebelumnya Teater Pabrik telah sukses dengan karya pertujukan dengan judul “Suara-suara Pabrik” dan berhasil masuk dalam beberapa acara pameran di Jakarta. 

Kali ini dalam pertunjukan “Tineung” Teater Pabrik menggaet beberapa komunitas lokal seperti Sanggar Gumintang sebagai Koreografer, serta Sukabumi Endah Tradisional mengisi Penata Musik. 

Berkat mengangkat cerita kebudayaan, serta konsep petunjukan yang dapat diperhitungkan, Penampilan “Tineung” ciptaan Kang Aday  ini  berhasil didukung Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang datang dari program Dana Indonesia.

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur

Ardi

Reporter

Syahrul

Redaktur