/
/
Piala Dunia 2022: Al Hilm Resmi Jadi Bola Untuk Partai Semifinal dan Final di Qatar

Piala Dunia 2022: Al Hilm Resmi Jadi Bola Untuk Partai Semifinal dan Final di Qatar

Piala Dunia 2022- Al Hilm Resmi Jadi Bola Untuk Partai Semifinal dan Final di Qatar
Al Hilm bola Piala Dunia 2022. Credit: istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Piala Dunia 2022 di partai semifinal dan final akan memakai bola yang berbeda dengan pertandingan sebelumnya. Bola resmi yang diluncurkan oleh Adidas tersebut bernama Al Hilm menggantikan Al Rihla

Bola yang digunakan dalam perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar ini menggunakan teknologi sensor di dalamnya. Dan terbukti banyak membantu kinerja perangkat pertandingan dari fase grup hingga perempat final.

alhilm
Al Hilm bola Piala Dunia 2022. Credit: istimewa

Pernyataan tentang penggunaan Al Rihla yang digantikan Al Hilm disampaikan resmi oleh FIFA, Minggu (11/12/2022). Bola Al Hilm akan digunakan pada pertandingan semifinal hingga final Piala Dunia 2022.

Kenapa bola ini dilabeli nama Al Hilm? Dalam bahasa Arab Al Hilm memiliki arti ‘Mimpi’. Penggunaan nama tersebut merupakan kesinambungan dari bola sebelumnya yang digunakan, yaitu Al Rihla dengan arti ‘Perjalanan’.

BACA JUGA: Bola Resmi Piala Dunia Qatar 2022 Berfitur Deteksi Offside Dibuat di Madiun Jawa Timur

Dibuat dengan warna dasar emas, desain Al Hilm bertekstur menampilkan pola segitiga halus. Corak yang ditonjolkan terinspirasi dari gurun pasir yang berkilau mengelilingi Ibukota Qatar, Doha. Tidak hanya itu bola tersebut melambangkan warna trofi Piala Dunia dan list warna merah marun yang diambil dari bendera Qatar.

“Al Hilm yakni mewakili suar cahaya yang melekat pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia,” ujar Nick Craggs, manajer umum sepak bola adidas.

alhiomw
Al Hilm bola Piala Dunia 2022. Credit: istimewa

Bola asal brand asal Jerman dengan nama Al Hilm ini menyertakan teknologi ‘Connected Ball’ yang sebelumnya terdapat pada Al Rihla. Sensor IMU (Inertial Measurement Unit) adalah teknologi untuk menangkap data dan menerapkan kecerdasan dalam mendukung sistem offside semi-otomatis. Teknologi ini digunakan membantu dalam mendukung pengambilan keputusan lebih cepat dan akurat.

BACA JUGA: 59 Pelajar Berseragam SMK Teknika Cisaat Diamankan Polisi

“Dengan perkembangan teknologi yang terdapat pada bola ( Adidas Al Hilm) yang terhubung, memungkinkan untuk menambah informasi penting dan membantu untuk petugas video [VAR -red] pertandingan,” jelas direktur teknologi & inovasi sepakbola FIFA, Johannes Holzmueller.

“Dan itu (data dari bola) membuka wawasan baru untuk menceritakan momen-momen unik di lapangan Piala Dunia ini,” tambahnya.

Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022 pada Rabu, 14 Desember 2022 pukul 02:00 WIB akan mempertemukan Argentina vs Kroasia. Dan di hari Kamis, 15 Desember 2022 pukul 02:00 WIB Prancis akan menghadapi Maroko. Sementara itu, di partai final Piala Dunia 2022 akan berlangsung hari Minggu, 18 Desember 2022 pukul 22:00 WIB.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur