/
/
Polsek Cicurug Tangkap Pelaku Penipuan dengan Kerugian Uang Mencapai Rp 75 Juta

Polsek Cicurug Tangkap Pelaku Penipuan dengan Kerugian Uang Mencapai Rp 75 Juta

cicurug
Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede saat menanyai pelaku penipuan di Mapolsek Cicurug. Credit : Humas Polres Sukabumi.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Seorang pria berinisial O diamankan Polsek Cicurug, Polres Sukabumi setelah kedapatan melakukan penipuan atau penggelapan percetakan sertifikat tanahan. Ia dipamerkan dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Mapolsek Cicurug pada Selasa (14/11/2023).  

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, yang didampingi oleh Kapolsek Cicurug, Kompol Mangapul Simangunsong mengatakan, O melakukan penggelapan atau penipuan percetakan sertifikat ini kepada warga Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug berinisial B.

“Penipuan ini terjadi di Kecamatan Cicurug beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Kamis, tanggal 31 Agustus 2023 silam,” katanya kepada awak media. 

BACA JUGA : 15 Orang Preman Jalur Utara Kabupaten Sukabumi Ditangkap Setelah Ketahuan Palak Mobil Besar

O sendiri diketahui berdomisili di Paledang, Bogor Tengah. Ia meyakinkan kepada korbannya bisa membantu proses pembuatan sertifikat hak milik atas sebidang tanah sehingga diberikan uang DP sebesar Rp 5 juta. 

Dalam kesempatan yang sama, Maruly menerangkan, korban juga memberikan beberapa berkas persyaratan seperti berkas identitas dan riwayat kelengkapan pengurusan administrasi pengurusan sertifikat hak milik tanah.

“Dengan bekal itu pelaku mendaftarkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sukabumi,” terangnya. 

Pelaku kemudian memperlihatkan struk tanda pendaftaran yang menjadi bukti sudah didaftarkan kepada korban. Dengan melihat proses tersebut akhirnya korban semakin percaya dan menyerahkan uang sebesar Rp 70 juta agar proses terus berlanjut. 

“Namun setelah menerima uang tersebut pelaku datang kembali ke BPN membatalkan atau mencabut pendaftaran. Kemudian korban melaporkannya ke pihak kepolisian setelah beberapa bulan sertifikat tanah tak kunjung selesai,” terangnya. 

BACA JUGA : Rokok Hingga Pakaian Dalam Hilang, Polres Sukabumi Buru Pelaku Pembobol Minimarket

Berdasarkan laporan tersebut, Maruly mengatakan pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan penyidikan. Hasilnya, dicurigai ada itikad tidak baik dari pelaku karena telah membatalkan pendaftaran.

Sehingga kepolisian langsung menangkap pelaku untuk ditahan di Rutan Polsek Cicurug demi melaksanakan proses lebih lanjut.

“Tersangka terjerat pasal 378 atau 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara selama 4 tahun. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan ialah satu lembar bukti transfer sebesar Rp 5 juta sebagai DP, satu lembar bukti transfer Rp 13 juta, satu buah buku tabungan salah satu bank kantor cabang, dan kartu ATM atas nama saksi,” tuturnya.

Syahrul

Redaktur

Syahrul

Redaktur