/
/
Sepak Bola, Olahraga semua Kalangan yang Dulunya Bernama “Tsu Chu”

Sepak Bola, Olahraga semua Kalangan yang Dulunya Bernama “Tsu Chu”

Sepak Bola, Olahraga semua Kalangan yang Dulunya Bernama Tsu Chu
Ilustrasi Sepak Bola Modern. Credit: Wikipedia

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Olahraga cabang beregu paling populer dan banyak digemari semua kalangan apalagi kalau bukan Sepak Bola. Termasuk di Indonesia, sepak bola menjadi olahraga yang banyak dimainkan dan diminati oleh masyarakat, dari yang muda hingga yang tua.

Sepak bola itu sendiri adalah permainan yang didalamnya terdiri dua regu saling berlawanan, dan mempunyai tujuan untuk memasukkan bola kegawang lawan dengan kaki setiap pemain, serta mempertahankan gawang agar tidak kebobolan.

Dalam satu tim sepak bola, terdiri 11 pemain dan permainan berlangsung selama 2×45 menit. Selisih gol menjadi penentu kemenangan.

Jauh sebelum dikenal seperti saat ini, permainan sepak bola banyak mengalami perubahan, dan Aturan-aturannya pun berkembang menyesuaikan dari masa ke masa.

BACA JUGA: Parenting, Kata Populer Dalam Dunia Orang Tua Modern

Sejarah si kulit bundar

Sejarah awal sepak bola terjadi pada era tahun 1122-247 sebelum Masehi (SM) dari daratan Asia Timur, China. Menurut Fédération Internationale de Football Association (FIFA), masyarakat China pada abad ke-2 dan ke 3 di masa Dinasti Han, sudah suka melakukan gerakan seperti sepak bola dengan cara digiring dan dimasukkan ke dalam gawang.

cuju
Ilustrasi awal adanya sepak bola yakni Tsu Chu. Credit: Isitmewa

Sepak bola di zaman itu dikenal dengan nama ‘Tsu Chu’, Tsu berarti kaki Chu yang artinya bola. Hal ini dilihat dari peninggalan buku-buku dari tentara China. Karena dalam buku tersebut, menggambarkan kejadian pada saat itu seperti sedang bermain sepak bola. Bolanya pun terbuat dari kulit binatang yang sengaja digulung-gulung. 

Tidak hanya China, banyak juga sejarah yang menyebutkan bahwa sepak bola berasal dari negara lain seperti Jepang, Mesir, Yunani, Romawi, Italia dan Prancis. Namun, Sejarah Sepak bola modern banyak diakui lahir di Inggris pada abad ke-12.

Di tanah Britania Raya, kemunculan sepak bola digemari banyak kalangan, hingga di lingkungan universitas atau sekolah. 1863 terbentuklah asosiasi sepak bola Inggris atau The Football Association (FA). Tetapi peraturan yang dihasilkan banyak menimbulkan perbedaan pendapat, karena masih bisa menggunakan tangan, yang hasilnya melahirkan olahraga baru yaitu Rugby.

royal engineers
The Royal Engineers Association Football Club, salah satu tim pertama yang memainkan sepak bola modern seperti sekarang. Credit: Wikipedia

Dari tahun ke tahun sepak bola terus berevolusi hingga akhirnya didirikannya asosiasi tertinggi sepak bola dunia yakni, FIFA yang dibentuk pada 21 Mei 1904, sebagai wadah olahraga sepak bola. 

Bagaimana dengan Indonesia?

BACA JUGA: Anak Berusia 6 Tahun Tewas Tersengat Listrik di Cicurug, Sukabumi

Di Tanah Air, sepak bola masuk dan dimulai sejak masa Hindia Belanda pada 1914. Awalnya permainan ini disebut sepak raga, dimana menendang bola yang terbuat dari rotan dan harus memasukkannya kedalam sebuah lingkaran di atas bambu, seperti ring basket.

Semakin berkembangnya olahraga ini, belanda mendirikan organisasi sepak bola bernama Nederland Indische Voetbal Bond (NIVB), dan berkembang di kota-kota besar. Akhirnya di tahun 19 April 1930 di Yogyakarta, sejarah sepak bola modern di Indonesia dimulai dengan terbentuknya PSSI (Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia).

ketua-umum-pertama-pssi-soeratin-sosrosoegondo-saat-kongres-pssi-pada-1938
PSSI 1930. Credit: Istimewa

PSSI itu sendiri didirikan oleh anak bangsa yang merupakan seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo. Hingga saat ini kejuaraan sepak bola dibawah umur di dalam negeri, sering menggunakan kata “Soeratin”, seperti Piala Soeratin yang diperuntukan bagi pemain sepak bola yang berusia 17 tahun kebawah.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur