/
/
Serikat Buruh OPSI Tekan Gubernur Jawa Barat Tetapkan UMK Sesuai Rekomendasi Bupati Sukabumi

Serikat Buruh OPSI Tekan Gubernur Jawa Barat Tetapkan UMK Sesuai Rekomendasi Bupati Sukabumi

buruh
Ketua Sekretariat Daerah OPSI Sukabumi, Ade Jalaludin didampingi jajaran saat aksi demo UMK. Credit : Istimewa.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ratusan buruh asal Sukabumi dari berbagai serikat buruh tengah menuju Kota Bandung untuk menyampaikan aspirasi terkait kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2024. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat baru mengumumkan secara resmi UMK setelah 1 minggu UMP Jawa Barat 2024 ditetapkan. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, UMP Jawa Barat sudah ditetapkan naik sebesar 3,57 persen, dari sebelumnya Rp 1.986.670 menjadi Rp 2.057.495. Kenaikan ini tetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tanggal 21 November 2023 beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : Pagar Tembok Alun-Alun Cicurug Akan Segera Dibongkar Satu Bulan Kedepan

Ketua Sekretariat Daerah OPSI Sukabumi, Ade Jalaludin menerangkan, kenaikan ini sangat diperlukan demi menopang kesejahteraan ekonomi, dan menjadi bentuk apresiasi perusahaan kepada pekerja yang sudah berkontribusi. 

“Dalam era dimana keadilan ekonomi dan kesejahteraan pekerja menjadi fokus, kenaikan upah adalah langkah yang harus diambil untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan dan adil,” ucapnya kepada segimedia.id, Rabu (29/11/2023).

BACA JUGA : Hari Anak Sedunia, UNICEF: Setiap Anak Berhak Hidup Damai dan Tentram

Ade menuturkan, Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat ini sudah mengeluarkan rekomendasi kenaikan UMK sebesar 7,47 persen menjadi RP 3.602.268. Kendati demikian ia mendesak Gubernur Jawa Barat untuk menetapkan UMK Sukabumi sesuai rekomendasi  Bupati Sukabumi. 

“Kami percaya bahwa rekomendasi UMK yang dikeluarkan oleh Bupati Sukabumi adalah bagian dari komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja dan menciptakan kondisi yang lebih adil dalam dunia kerja,” ucapnya.

Syahrul

Redaktur

Syahrul

Redaktur