/
/
Situs Presiden presiden.go.id Belum Bayar Domain, Istana: Aman, Laman Resmi presidenri.go.id

Situs Presiden presiden.go.id Belum Bayar Domain, Istana: Aman, Laman Resmi presidenri.go.id

Situs Presiden presiden go id Belum Bayar Domain Istana Aman Laman Resmi presidenri go id
Situs Presiden presiden go id Belum Bayar Domain. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Situs presiden beralamat (presiden.go.id) tidak bisa diakses sejak Rabu (23/11/2022) pukul 19:15 WIB.

Dr. Pratama Dahlian Persadha selaku Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC, mengatakan bahwa situs presiden yang tidak bisa diakses bukan terkena peretasan oleh hacker, lantaran belum bayar domain.

“Terlihat dari keterangan saat membuka website resmi kepresidenan. Seharusnya tidak terjadi dan ini sangat memalukan,” kata Pratama Persadha, dilansir dari Antara.

Pratama Persadha menuturkan, seharusnya website resmi presiden ada yang memantau, mengecek, dan melakukan maintenance (pemeliharaan) berkala, ini malah sampai lupa memperpanjang langganan domainnya.

BACA JUGA: Tiga Oknum Diamankan Polisi Usai Cegat Bantuan Korban Gempa Cianjur

Menyinggung siapa yang harus bertanggung jawab, dalam hal ini Pratama menegaskan bahwa yang bertanggung jawab adalah pengelola siber kepresidenan. Namun, biar pihak Istana yang menjelaskan lebih terperinci tentang kejadian ini.

Ini harus menjadi pembelajaran bagaimana masalah siber, baik dari sisi keamanan maupun maintenance, dan kejadian itu masih jauh dari kata ideal. Apalagi, ini situs kepresidenan, Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC menegaskan, jangan-jangan jarang sekali melakukan pengecekan secara berkala, sampai-sampai admin website tidak tahu domainnya sudah expired (kedaluwarsa).

“Tentu ini bukan perkara harga domain yang tidak seberapa. Ini murni masalah kesadaran dan jangan main-main ini masalah serius karena merupakan aset digital RI 1,” ujar pakar keamanan siber.

BACA JUGA: Inilah Wajah Anyar Taman Mini Indonesia Indah Setelah Direnovasi, Ada 4 Pilar Baru

Disisi lain, Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudi menyatakan sudah meluruskan masalah tersebut. Situs resmi kepresidenan yang digunakan adalah domain presidenri.go.id bukan presiden.go.id.

laman resmi
Laman resmi Presiden Joko Widodo. Credit: Istimewa

Kendati begitu, Pratama Persadha memastikan presidenri.go.id dan presiden.go.id milik pemerintah harus ada pengamanan dan pengelolaan yang baik dari kedua domain itu.

“Kalaupun situs resmi yang digunakan adalah presidenri.go.id, domain yang ini pun (presiden.go.id) harus tetap dikelola dan diamankan dengan baik. Bisa saja digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab karena namanya sangat sensitif,” ungkapnya.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur